Select Page

Jangan panik bila ATM Anda hilang, segera lakukan cara blokir ATM BNI yang kini bisa via call center dan mobile banking. Tetap tenang dan ikuti langkahnya dengan baik.

Saat seseorang kehilangan kartu ATM-nya, sangat wajar bila hal pertama yang akan dirasakan adalah khawatir dan panik. Namun, bila Anda mengalaminya, jangan membuat rasa panik dan khawatir ini berlarut-larut.

Bila kesulitan untuk tenang, cobalah berpikir positif bahwa kartu Anda hanya terselip atau ketlisut saja. Sebab memang kemungkinan ini selalu ada.

Ingat bahwa bila dalam kondisi tenang, Anda bisa mengatasi kehilangan ATM dengan cepat dan tepat.

Kami akan memberikan panduan khusus untuk mengurus ATM yang sudah hilang, tertelan, atau dicuri melalui artikel ini. Jadi, selamat menyimak.

Cara mengurus ATM hilang via Call Center BNI

Begitu tahu kartu hilang, maka yang terbesit pertama kali adalah menelepon call center BNI untuk melakukan pemblokiran. Cara ini memang sudah banyak dipraktekkan oleh para nasabah dan terbukti berhasil.

Cara mengurus ATM hilang via Call Center BNI

Bagaimanapun, pada saat ATM tidak di tangan. Anda harus membuat ATM tersebut tidak bisa disalahgunakan oleh orang lain pada saat mereka menemukannya. Hal ini berlaku untuk apapun jenis kartu ATM BNI yang saat ini Anda gunakan.

Untuk itu, silakan ikuti langkah di bawah ini:

Menelepon ke nomor 1500046

Bila Anda di dalam negeri, silakan menelepon ke nomor call center BNI, yakni 1500046. Nomor ini bisa dihubungi dari telepon (fixed phone) dan HP tanpa menyertakan kode area. Jadi, langsung saja diketik 1500046 lalu call.

Apabila Anda sedang berada di luar negeri, silakan menelepon ke nomor +622130500046. Nomor ini bisa dihubungi dari telepon biasa maupun HP.

Menekan nomor ekstensi untuk berbicara dengan Call Officer

Setelah terhubung dan Anda mendengar kata “Selamat…”, maka Anda sudah bisa mulai menekan tombol ekstensi untuk berbicara dengan BNI Call Officer. Angka yang bisa ditekan adalah nol (0).

Setelah itu, akan ada banyak pilihan menunya:

  1. Tekan angka 1 untuk informasi perbankan.
  2. Pilih nomor 2 untuk info kartu kredit reguler.
  3. Pilih nomor 3 untuk info mengenai kartu kredit Platinum, Signature, dan Style
  4. Nomor 4 untuk produk pinjaman dan informasi detailnya.
  5. Nomor 5 tentang informasi kurs.
  6. Tekan nomor 6 untuk info fitur dan fasilitas credit card

Dengan sudah mengetahui ekstensinya, diharapkan nasabah bisa melakukan transaksi dengan cepat. Sebab Anda perlu antre dengan penelepon lain saat menggunakan call center ini. Selain itu, mengetahui ekstensinya juga bisa menekan pemakaian pulsa.

Berbicara dengan tim call officer, sampaikan kebutuhan dengan baik

Saat sudah bisa terhubung dengan tim call center, silakan sampaikan bahwa Anda ingin memblokir kartu.

Untuk verifikasi, tim BNI akan menanyakan alasannya dilanjutkan dengan nama lengkap, nama ibu kandung, saldo terakhir kali sebelum kartu hilang, dan nomor identitas.

Bila seluruh informasi sudah cocok dan verifikasi selesai, maka cara blokir ATM BNI sudah berhasil. Selanjutnya, apabila ingin mengaktifkan kembali kartunya, silakan datang ke cabang terdekat. Tapi sebelum itu, silakan urus surat dari kepolisian mengenai kehilangan.

Cara mengurus surat keterangan hilang di kepolisian

Salah satu kelengkapan data yang harus dibawa saat ingin mendapatkan ATM baru adalah surat keterangan hilang dari kepolisian.

Pengurusannya bisa dilakukan dengan cara di bawah ini:

  1. Buat dulu surat pengantar dari kelurahan (surat ini kadang tidak diperlukan, jadi bisa langsung datang ke kantor kepolisian langsung).
  2. Proses pengurusan surat keterangan harus sesuai dengan lokasi kehilangan. Misalnya, hilang di sekitar kecamatan A, maka pengurusan suratnya juga bisa dilakukan via polsek kecamatan A.
  3. Silakan buat daftar barang-barang yang hilang bersama dengan kartu ATM tersebut. Sebab ini akan ditanyakan oleh pihak kepolisian nanti. Hal ini biasanya terjadi saat kartu ATM hilang bersama dengan dompet atau tas.
  4. Bila KTP atau fotokopinya tidak ikut hilang bersama dengan dompet, silakan dibawa. Kalau tidak ada, silakan bawa kartu identitas lain sebagai gantinya.
  5. Bawa buku tabungan bila tidak ikut hilang.
  6. Datanglah ke kantor polisi dan sampaikan maksud Anda.
  7. Beberapa pertanyaan yang biasanya akan ditanyakan adalah nama lengkap sesuai KTP, alamat tempat tinggal sesuai KTP, jenis laporan yang diajukan (kehilangan), kronologi kejadian, dan pertanyaan tambahan sesuai dengan keterangan yang Anda berikan dan informasi yang dibutuhkan oleh pihak kepolisian.
  8. Jika sudah selesai, maka surat kehilangan bisa diterbitkan. Jangan lupa fotokopi dan legalisir jika perlu.

Datanglah ke cabang terdekat untuk mengurus kartu baru

Selanjutnya silakan datang ke cabang BNI dan sampaikan maksud Anda. Ambillah antrean ke customer service. Bawalah persyaratan seperti:

Datanglah ke cabang terdekat untuk mengurus kartu baru

  1. KTP (jika tidak ikut hilang).
  2. Buku tabungan.
  3. Surat keterangan kehilangan dari kepolisian.

Bila sudah giliran dipanggil, silakan ceritakan kronologinya dengan baik. Berikut cerita pada saat Anda harus menelepon call center.

Khusus untuk warna negara asing, identitas diri yang bisa dibawa adalah paspor, KITAS, atau KITAP.

Saat berada di customer service, data akan diverifikasi sebentar. Jadi, bersabarlah sampai prosesnya selesai dan Anda mendapatkan kartu ATM lagi.

Cara blokir ATM BNI lewat mobile banking

Selain via call center, pemblokiran kartu juga bisa dilakukan dari aplikasi BNI mobile banking. Tahapan di bawah ini hanya bisa dilakukan hanya jika Anda sudah mengaktifkan fitur mobile banking di smartphone.

Cara blokir ATM BNI lewat mobile banking

Bila sudah pasti memiliki layanannya di HP, silakan ikuti langkah di bawah ini:

  1. Buka aplikasi BNI mobile banking.
  2. Masukkan username dan MPIN secara benar.
  3. Klik Login.
  4. Pilih menu Administrasi yang letaknya di bagian bawah, samping Home.
  5. Pilih Blokir Kartu Debit.
  6. Cek mana nomor rekening yang kartu debitnya mau diblokir.
  7. Bila sudah benar, klik Lanjut.
  8. Layar akan menunjukkan informasi kartu debit dan statusnya. Pastikan benar lalu klik Lanjut.
  9. Anda akan masuk ke menu Validasi. Silakan cek semua informasi yang tertera di layar, seperti nomor debit card, nama, nomor, tanggal diterbitkan, dan tanggal berakhirnya.
  10. Klik pada Alasan Pemblokiran Kartu Debit. Pilih Hilang / Dicuri.
  11. Silakan masukkan Password Transaksi.
  12. Klik Lanjut.
  13. Layar akan menunjukkan informasi bahwa kartu debit sudah berhasil diblokir.

Apabila Anda ingin membuka blokirnya, silakan lakukan langsung dengan mengunjungi cabang BNI terdekat.

Cara bertransaksi mudah, aman, dan nyaman

Saat ATM hilang, tertelan, atau dicuri maka jangan panik. Tetap ingat terus saldo terakhir dan sering cek mutasi rekening lewat mutaeasy.com. Pengecekan mutasi akan menekan kemungkinan saldo Anda diambil orang.

Lewat mutaeasy, Anda bisa melakukan pengecekan secara berkala sambil menunggu terhubung ke call center atau proses blokir berhasil.

Itulah beberapa cara blokir ATM BNI yang mudah dan bisa dilakukan dengan cepat asalkan Anda tenang. Jangan lupa untuk terus waspada dan berhati-hati setiap kali bertransaksi keuangan.