Select Page

Bagi Anda yang ingin berinvestasi di saham, tentu ada banyak sekali perusahaan bisa dipilih, salah satunya adalah Tesla. Namun, cara beli saham Tesla agak berbeda karena merupakan perusahaan luar negeri. Oleh karena itu, pada kali ini akan dijelaskan mengenai cara membeli secara lengkap.

Sekilas Tentang Perusahaan Tesla

Sebelum mulai berinvestasi, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu seluk beluk terkait perusahaan tersebut. Oleh karena itu, di bagian awal akan dijelaskan sekilas mengenai perusahaan Tesla agar nantinya bisa lebih baik dalam membuat keputusan.

Tesla merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang otomotif dan berasal dari Amerika. Didirikan oleh Elon Musk, hingga saat ini perusahaan tersebut semakin berkembang sehingga banyak orang ingin membeli sahamnya, baik investor lokal maupun internasional. Beberapa produk yang dihasilkan antara lain adalah sebagai berikut.

1. Roadster

Tesla Roadster merupakan seri mobil keluaran pertama dari Tesla yang menggunakan tenaga listrik sebagai sumber tenaganya. Menurut beberapa tes yang dilakukan, Tesla Roadster mampu menempuh jarak hingga 356 kilometer dalam satu kali pengisian.

2. Baterai

Perlu diketahui bahwa motor keluaran tesla tidak memakai satu baterai besar, namun terdiri dari ribuan baterai li-ion dengan seri 18650. Baterai tersebut biasa kita temukan di produk elektronik seperti notebook dan lain-lain. Penggunaan baterai ini dinilai lebih menghemat biaya dan ramah lingkungan.

Kelebihan Membeli Saham Tesla

Kita semua tahu bahwa masih ada banyak perusahaan internasional yang layak dibeli sahamnya. Akan tetapi, ada beberapa alasan kenapa Tesla harus dipilih. Tentu saja ini tidak lepas dari berbagai keunggulan perusahaan tersebut.

Pertama, saham Tesla cenderung mahal. Artinya, perusahaan ini memiliki nilai yang cukup besar sebagai salah satu produsen mobil. Jadi, bisa dibilang berinvestasi di sini cukup menjanjikan dalam potensi penghasilan maupun kemungkinan berkembang di masa yang akan datang.

Selanjutnya, Tesla juga mempunyai cukup banyak layanan yang ditawarkan kepada konsumen. Sebagai contoh, mereka menjual daya cadangan baterai, panel surya, perangkat lunak self-driving, dan masih banyak lagi. Beberapa orang percaya beberapa tahun ke depan produk tersebut akan semakin ramai di kalangan masyarakat internasional.

Risiko Berinvestasi di Saham Tesla

Meskipun memiliki banyak kelebihan, namun berinvestasi di saham ini juga mempunyai beberapa risiko. Satu hal yang paling utama adalah harga mobil akan tetap mahal. Faktor ini kemungkinan bisa menyebabkan daya tarik ke pasar menurun dan sedikit menghambat perkembangan perusahaan.

Selain itu, kemungkinan kehabisan baterai juga sangat bisa terjadi. Perusahaan besar seperti Gigafactory kerap kali mendapatkan hambatan terutama di bidang logistik. Jika tidak segera dibenahi, risiko tersebut tentu saja bisa terjadi.

Cara Membeli Saham Tesla di Zipmex

Sebenarnya ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk membeli saham tersebut. Pertama, Anda bisa menggunakan Zipmex. Pastikan Anda sudah mendaftar terlebih dahulu, setelah itu silakan ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Buka browser
  • Masuk ke akun Zipmex
  • Pilih Easy Buy and Sell
  • Klik Beli
  • Pilih token TSL/IDR
  • Masukkan jumlah saldo
  • Klik Konfirmasi
  • Selesai

Setelah melakukan langkah di atas, token saham akan tersimpan di trade wallet Anda. Silakan cek di akun untuk memastikan semua sudah berhasil.

Baca Juga : Ide Bisnis di Bali dengan Keuntungan Besar

Cara-Cara Alternatif untuk Membeli Saham Tesla

Selain menggunakan cara di atas, masih ada beberapa cara lain sebagai alternatif. Silakan pilih yang paling cocok dengan kebutuhan Anda.

1. Membeli di sekuritas Amerika

Cara pertama adalah membeli langsung di perusahaan sekuritas di Amerika Serikat. Beberapa sekuritas yang cukup terpercaya antara lain Charles Schwab, TD Ameritrade, JPMorgan, dan lain-lain. Kabar baiknya, beberapa di antaranya sudah merilis aplikasi sehingga pengguna akan lebih mudah dalam bertransaksi.

Kelebihan jika Anda menggunakan cara ini adalah sudah diawasi oleh Securities and Exchange Commission di Amerika yang sudah berpengalaman. Oleh karena itu, investor tidak perlu khawatir akan berbagai risiko penipuan atau sejenisnya.

2. Membeli broker internasional

Berikutnya, Anda juga bisa membeli lewat broker internasional. Cara ini memang memiliki sedikit perbedaan jika dibandingkan poin pertama. Di Indonesia, broker ini biasanya tidak terdaftar di Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi sehingga perlu menggunakan VPN untuk mengakses.

Oleh karena itu, Anda harus benar-benar teliti dalam memilih dan mencari tahu legalitas broker tersebut. Setidaknya, broker internasional yang terpercaya sudah terdaftar di Financial Service Agency, Financial Conduct Authority, dan Australian Securities and Investments Commission.

3. Membeli di broker lokal

Apabila cara di atas masih terasa sulit karena berskala internasional, Anda bisa menggunakan broker lokal. Beberapa broker yang sudah diawasi BAPPEBTI mempunyai model bisnis serupa dengan poin sebelumnya. Hanya saja, Anda tidak membutuhkan VPN untuk mengakses.

Kelebihan menggunakan cara ini adalah investor dapat membeli menggunakan sistem fraksi atau kurang dari 1 saham. Tentu saja ini akan membuatnya lebih terjangkau untuk masyarakat Indonesia.

Jadi, itulah tadi beberapa cara beli saham Tesla yang bisa Anda lakukan. Silakan pilih metode yang paling cocok agar proses investasi bisa berjalan dengan lancar.