Select Page

Usaha bakso bakar harga 1000 merupakan salah satu jenis usaha yang peluang keberhasilannya sangat tinggi. Hal tersebut dikarenakan target pasarnya sangat luas, karena masyarakat dari berbagai jenis kelamin dan usia sangat menyukainya.

Oleh karena itu, bagi Anda yang saat ini lagi mencari informasi mengenai peluang usaha yang potensial dan mudah dijalankan, maka usaha bakso bakar bisa Anda coba. Apalagi, modal awal yang dibutuhkan untuk memulainya tidak begitu besar.

Mengapa Harus Menjalankan Usaha Bakso Bakar?

Sebelum membahas mengenai modal awal dan potensi keuntungan yang bisa didapatkan, terlebih dahulu saya akan menyebutkan alasan mengapa harus menjalankan usaha bakso bakar harga 1000.  Berikut detail alasannya :

1.Rasanya Enak

Bakso bakar memiliki rasa yang enak dan tidak membuat enek meskipun dimakan dalam jumlah banyak dan sering. Tidak heran jika makanan berbentuk bulat ini sangat disukai semua orang, baik pria maupun wanita, anak kecil maupun orang tua.

Bahkan, banyak orang yang tidak hanya menjadikan bakso bakar sebagai jajanan belaka, tetapi menjadikannya sebagai lauk tambahan saat makan. Karena alasannya inilah, tidak heran jika berjualan bakso bakar merupakan usaha yang potensial untuk dicoba.

2.Harganya Murah

Alasan lain mengapa usaha bakso bakar layak untuk dicoba dan potensi keberhasilannya tinggi tidak lain karena harga jualnya sangat murah. Pasalnya, harga per biji bakso ini hanya Rp.1000 saja. Harganya ramah di kantong, bahkan anak kecil mudah untuk membelinya.

Meskipun harga jualnya murah, yang berarti keuntungan yang didapatkan dari penjualan ber bijinya juga murah, bukan berarti Anda tidak bisa mendapatkan keuntungan besar dari usaha ini. Sebab, jika Anda mampu menjual bakso bakar dalam jumlah banyak setiap hari, tentu kalkulasi keuntungan secara keseluruhan semakin besar pula.

3.Mudah Dibuat

Bakso bakar merupakan makanan yang familiar di lidah masyarakat. Tidak heran jika makanan yang satu ini mudah dibuat. Hanya saja, tidak semua orang punya waktu untuk membuatnya. Sehingga, sebagian dari mereka lebih memilih untuk membeli jika ingin menikmati rasanya dibandingkan membuatnya sendiri.

Di sisi lain, resep dan cara pembuatan bakso bakar enak mudah ditemukan. Apalagi jika Anda mencarinya di internet, dengan mudah Anda bisa menemukan sekian banyak resep dengan berbagai variasi bumbu untuk menghasilkan bakso bakar dengan rasa yang enak dan menggoda.

Hal ini tentu menguntungkan Anda yang ingin berjualan bakso bakar tapi tidak mengetahui rasanya. Sebab, Anda bisa langsung mempelajari resep-resep yang dibagikan di internet. Dengan sedikit ketekunan, dijamin Anda bisa membuat bakso bakar dengan rasa yang enak dan menggoda.

4.Bahan Baku Mudah Didapatkan

Selain mudah dibuat, bahan baku pembuatan bakso bakar mudah ditemukan di supermarket maupun pasar tradisional. Olehnya itu, Anda tidak perlu khawatir bahan baku yang menjadi sulit didapatkan, padahal usaha yang Anda jalankan mulai berkembang dan dikenal orang.

Dengan berbagai keuntungan yang disebutkan di atas, menjadi jelaslah mengapa usaha bakso bakar harga 1000 sangat potensial untuk dijalankan.

Modal Awal yang Dibutuhkan

Untuk memulai usaha bakso bakar, modal awal yang dibutuhkan tidak terlalu besar. Untuk lebih jelasnya, di bawah ini akan saya detailkan besarnya modal awal yang perlu Anda persiapkan untuk mulai menjalankannya.

Alat-Alat

  • Display Gerai berkisar Rp.400.000.
  • Tungku pembakaran dan gas berkisar Rp.150.000.
  • Wadah-wadah berkisar Rp.60.000.
  • Spanduk berkisar Rp.50.000.

Total modal awal yang dibutuhkan adalah Rp.660.000.

Biaya Produksi Per 3 Hari

  • Bakso siap bakar (600 tusuk) berkisar Rp.200.000.
  • Bumbu-bumbu berkisar Rp.100.000.
  • Kemasan berkisar Rp.30.000.
  • Gas berkisar Rp.18.500.

Total modal yang dibutuhkan per 3 hari adalah Rp.348.500.

Jika harga per tusuk bakso bakar adalah Rp.1000, maka total keuntungan yang bisa didapatkan per 3 hari adalah Rp. 251.500. Keuntungan sebesar ini tentu sangat lumayan menguntungkan. Semakin banyak jumlah tusuk bakso bakar yang bisa terjual dalam sehari, maka akan semakin besar pula keuntungan yang bisa Anda dapatkan.

Tips Agar Usaha Bakso Bakar Laku Keras

Rejeki setiap orang sudah ditentukan oleh Sang Pencipta. Tugas dan kewajiban kita hanyalah berusaha semaksimal mungkin. Oleh karena itu, agar usaha bakso bakar harga 1000 yang Anda jalankan bisa laku keras alis laris, Anda membutuhkan tips dan strategi yang jitu untuk itu.

Untuk itu, Anda bisa mengikuti tips dan strategi jitu yang akan saya sebutkan di bawah ini :

1.Lokasi Usaha yang Tepat

Saat berjualan bakso bakar, tentu Anda mengharapkan para pembeli berdatangan untuk membeli jualan Anda. Tapi bagaimana jika orang tidak mengetahui adanya usaha Anda? Tentu jualan tersebut akan sulit untuk laku.

Oleh karena itu, salah satu tips dan strategi penting yang perlu Anda perhatikan adalah lokasi usaha. Pastikan tempat Anda berjualan berada pada lokasi yang strategis. Maksud dari strategis di sini adalah lokasi yang banyak dilalui oleh orang dan memungkinkan mereka untuk singgah membeli.

Contoh lokasi yang tepat untuk berjualan bakso bakar adalah di depan kompleks perumahan, alun-alun, depan terminal, depan sekolah, dan tempat-tempat publik lainnya.

Hindari berjualan dekat lampu merah. Sebab, meskipun banyak dilalui oleh kendaraan, tetap saja mereka akan kesulitan untuk singgah membeli bakso bakar jualan Anda karena posisinya tidak emungkinkan untuk berhenti.

2.Berikan Bonus

Pemberian bonus untuk pembelian dalam jumlah tertentu merupakan salah satu strategi jitu untuk melariskan jualan bakso bakar Anda. Keuntungan Anda memang berkurang sedikit, tapi tidak merugikan Anda.  Justru yang ada adalah besarnya peluang para pembeli berdatangan menyerbu usaha Anda.

Untuk pemberian bonus, Anda bisa menentukan pada pembelian jumlah tertentu. Misalnya saja, Anda memberikan bonus satu tusuk bakso bakar gratis untuk setiap pembelian 20 tusuk bakso bakar. Meskipun terkesan sepele, tips ini terbukti efektif dan sudah banyak yang membuktikannya.

3.Sebarkan Brosur

Salah satu strategi yang perlu juga dilakukan untuk melariskan usaha bakso bakar harga 1000 yang Anda jalankan adalah membuat brosur. Di dalam brosur tersebut beberapa gambar bakso bakar dan kata-kata semenarik mungkin yang memperkenalkan bakso bakar jualan Anda.

Sebarkan brosur tersebut di tempat-tempat yang tidak jauh dari lokasi jualan Anda. Dengan begitu, orang-orang mengetahu lokasi jualan Anda dan bisa mendatanginya tanpa kesulitan.

4.Manfaatkan Social Media

Di era digital ini siapa sih yang tidak menggunakan social media? Meskipun ada, tapi jarang. Faktanya, anak kecil sekalipun bahkan sudah tidak asing dengan yang namanya social media seperti Facebook, Instagram, Whatsapp, dan lain sebagainya.

Tentu Anda juga memiliki akun di social media bukan? Nah, manfaatkan social media yang Anda aktif di dalamnya untuk memperkenalkan dan menawarkan bakso bakar jualan Anda. Bila perlu, sediakan layanan delivery order dalam jumlah tertentu bagi para pembeli yang lokasinya jauh dari lokasi jualan Anda.  Semoga bermanfaat.