Select Page

Asalkan tahu sebabnya dengan jelas, Anda bisa mengatasi masalah aktivasi mobile banking BNI gagal terus. Ada kalanya, nasabah tidak perlu ke bank untuk sekedar menyelesaikan persoalan tersebut.

Seperti diketahui, saat ini layanan mobile banking menjadi salah satu bagian inti dari fasilitas yang diberikan oleh perbankan. Tak terkecuali Bank BNI.

Hal tersebut dilakukan demi memberikan kenyamanan kepada para nasabah karena transaksi dengan metode ini diklaim jauh lebih mudah dan cepat.

Tak perlu antre di kantor cabang, dengan m-banking seluruh nasabah bisa bertransaksi dari mana saja dan kapan saja melalui smartphone masing-masing. Contohnya adalah mengecek mutasi BNI dengan lebih mudah.

Dengan metode ini, transaksi perbankan juga cenderung lebih aman karena yang bisa mengakses akunnya hanya nasabah itu sendiri.

Masalahnya, kadang ada eror yang terjadi sehingga fasilitas ini tidak berfungsi dengan baik. Alih-alih bisa digunakan untuk bertransaksi dengan cepat, justru karena masalah tersebut nasabah jadi dibuat pusing.

Tenang, masalah aktivasi akun mobile banking yang gagal umumnya disebabkan oleh sesuatu yang sederhana. Pada kesempatan ini, kami akan membahasnya secara detail.

Penyebab aktivasi mobile banking BNI gagal terus

Sebelum membahas tentang solusi mobile banking yang aktivasinya selalu gagal, Anda perlu memastikan dulu bahwa cara daftar BNI mobile dan cara aktivasi BNI mobile banking yang Anda lakukan sejauh ini sudah benar dan tepat.

Penyebab aktivasi mobile banking BNI gagal terus

Nah, apabila sudah merasa demikian, maka silakan deteksi kemungkinan penyebab terjadinya hal tersebut. Hal ini dilakukan supaya tindakan solusinya tepat.

Adapun beberapa hal yang mungkin menyebabkan terjadinya gagal aktivasi BNI mobile banking adalah:

1. Pulsa tidak mencukupi

Penyebab yang paling umum dan sering terjadi adalah tidak tersedianya pulsa di nomor HP yang terdaftar di layanan mobile banking.

Sebagaimana diketahui, layanan ini menghubungkan antara aplikasi dengan SMS. Di mana untuk menjaga keamanan, saat pengaktifan akun aplikasi perlu mengirimkan kode OTP melalui SMS ke nomor yang terdaftar melalui SMS.

Nah, penerimaan kode OTP ini biasanya memerlukan pulsa setidaknya Rp 550 dalam sekali pengiriman pesan.

Ketika pulsa di nomor HP yang aktif dan terdaftar tersebut nol atau kurang dari angka tersebut. Maka jelas, aktivasi akun tidak bisa dilanjutkan.

2. Koneksi internet tidak stabil

Pada satu dua kondisi, ada kalanya koneksi internet tidak stabil. Padahal, agar lancar dalam proses akses aplikasi, Anda membutuhkan koneksi atau jaringan internet yang stabil. Tanpa ini, prosesnya akan sedikit terhambat dan tidak akan selesai-selesai.

3. Server aplikasi bermasalah

Penyebab aktivasi BNI mobile banking gagal adalah server aplikasinya yang bermasalah. Mungkin karena terlalu banyak yang mengakses atau ada alasan lainnya.

4. HP di-root

Terkadang, masalahnya justru pada smartphone-nya karena sudah pernah di-root. Rooting HP kadang memang punya dampak positif. Misalnya saat perlu memperbaiki HP yang rusak atau mau menginstal aplikasi mod.

Namun, root jelas punya dampak negatif yang lebih besar. Dengan melakukan rooting, akses terhadap aplikasi resmi jadi tersendat atau bahkan Anda akan kehilangan garansi HP.

5. Hak akses dibatasi atau diblokir dari manajemen aplikasi

Jika masih gagal juga, coba cek pada menu pengaturan aplikasinya. Siapa tahu ada hak akses yang masih dibatasi atau bahkan diblokir sehingga aplikasinya tidak bisa berjalan dengan semestinya dan mengganggu proses aktivasi.

Cara mengatasi aktivasi BNI mobile banking yang gagal terus

Setelah tahu penyebabnya, sekarang saatnya Anda melakukan tindakan solutif sesuai dengan penyebab tersebut. Berikut ini beberapa opsi solusi yang dapat dilakukan:

1. Pastikan pulsa mencukupi

Sebelum melakukan aktivasi, silakan cek dulu pulsa pada nomor yang terdaftar. Jika memang pulsanya nol atau tidak mencukupi, segera isi ulang terlebih dahulu.

Cara mengatasi aktivasi BNI mobile banking yang gagal terus - Pastikan Pulsa Cukup

Meskipun kebutuhannya hanya sekitar Rp 500 per sekali pengiriman SMS, Anda perlu menyiapkan lebih. Tidak ada salahnya untuk mengisi ulang sebesar Rp 10.000,-.

2. Cek koneksi internet, pastikan stabil

Selanjutnya, periksa jaringan internet di sekitar Anda. Pastikan stabil. Kalau perlu, gunakan situs online Speed Test untuk mengecek kecepatan koneksi internet di tempat Anda sekarang. Jika memang kecepatannya kurang stabil, silakan cari tempat yang koneksinya kencang.

3. Letakkan nomor yang terdaftar di SIM 1

Khusus untuk HP yang punya dua slot SIM dan dua-duanya terisi, pastikan nomor HP yang terdaftar mengisi slot SIM 1.

Kalau sudah dikondisikan seperti ini, aktivasi BNI mobile banking tetap gagal, tak ada salahnya mencopot chip nomor di SIM 2 dan memasangnya kembali setelah aktivasi berhasil atau selesai dilakukan.

4. Pastikan spesifikasi HP sesuai dengan kebutuhan aplikasi BNI mobile

Aplikasi BNI mobile memiliki spesifikasi HP khusus. Untuk android misalnya, dibutuhkan sistem operasi minimal 4.4 ke atas dengan ruang memori minimal 50 MB.

Sementara pengguna iPhone, perlu memastikan bahwa HP-nya bersistem operasi minimal 10.0 ke atas dengan ruang memori sediaan yang lebih besar, yakni di atas 100 MB.

Untuk memastikan aktivasinya bisa berjalan dengan lancar, pastikan HP sudah memenuhi kriteria tersebut.

5. Update BNI mobile terbaru

Apabila sebelumnya Anda sudah pernah menginstal aplikasi ini tapi gagal aktivasi, maka silakan update dulu aplikasinya di toko aplikasi resmi.

6. Jangan gunakan HP dalam kondisi root

Jika Anda pernah melakukan root pada HP, maka solusinya gunakan HP lain yang tidak pernah di-root. Atau, solusi lainnya adalah melakukan unroot pada HP yang saat ini tengah digunakan.

7. Coba pakai HP lain

Kalau sudah dipastikan tidak ada root sama sekali tapi juga belum bisa, coba pakai HP lain. Pinjam HP punya keluarga dan pasangi aplikasi BNI mobile. Atau, jika Anda punya lebih dari satu HP, bisa gunakan HP milik sendiri.

8. Kelola manajemen aplikasi dan izinkan aksesnya

Setiap aplikasi pasti akan meminta izin dulu saat hendak mengakses sesuatu. Nah, jika Anda tidak mengizinkannya, maka aksesnya juga akan terbatas dan mempengaruhi performa aplikasinya.

Kelola manajemen aplikasi dan izinkan aksesnya

Untuk itu, silakan cek pada menu Pengaturan, kemudian Manajemen Aplikasi, pilih BNI Mobile Banking dan izinkan semua akses yang diminta.

Untuk dijadikan catatan, masing-masing HP biasanya punya tampilan menu pengaturan sendiri-sendiri. Jadi, silakan disesuaikan dengan perangkat masing-masing.

9. Menghubungi call center BNI

Apabila seluruh cara di atas telah dicoba dan ternyata aktivasinya masih gagal juga, segera hubungi call center bank BNI untuk mendapatkan bantuan. Nomor telepon call center BNI adalah 1500046.

10. Mengunjungi customer service di kantor cabang terdekat

Solusi terakhir dari masalah aktivasi mobile banking BNI gagal terus adalah datang ke kantor cabang terdekat. Di sini, Anda bisa langsung mengambil antrean ke customer service. Jangan lupa bawa semua dokumen dan syarat yang diperlukan.

Sampai di kantor cabang, silakan sampaikan keluhan dan masalah Anda agar bisa dibantu dan ditangani oleh pihak yang tepat.

Demikian informasi yang dapat kami bagikan tentang aktivasi mobile banking BNI gagal terus. Terakhir, selain m-banking Anda juga bisa bertransaksi melalui SMS banking atau internet banking BNI jika memang menghendaki kenyamanan, keamanan, dan kecepatan.

Sumber:

Apps.apple.com. https://apps.apple.com/id/app/bni-mobile-banking/id967205539

Bni.co.id. https://www.bni.co.id/id-id/ebanking/bnimobilebanking

Play.google.com. https://play.google.com/store/apps/details?id=src.com.bni&hl=in&gl=US