Jualan Online Makanan: Ide Menarik dan Tips Menjalankannya

Ketika membahas tentang ide jualan, bisa dikatakan bahwa jualan makanan selalu menjadi salah satu ide yang muncul. Pasalnya, ide ini memang memberikan keuntungan yang cukup lumayan. Tidak hanya itu, kini Anda yang ingin menjual makanan bahkan tidak perlu membuka warung karena adanya marketplace yang menawarkan tempat jualan online makanan.

Tentu, dengan teknologi yang semakin berkembang dan pergeseran pola transaksi konsumen yang mengarah ke transaksi online, berjualan makanan secara online memiliki kans keuntungan yang besar. Hanya saja, memang, Anda tetap harus mempelajari tips untuk mengelola bisnis ini.

Nah, pada kesempatan ini akan dibahas beberapa hal terkait jualan makanan secara online serta bagaimana Anda menjalankan bisnis ini. Penasaran? Simak ulasannya!

Keuntungan Jualan Makanan Online

Seperti yang dibahas sebelumnya bahwa ide jualan makanan adalah salah satu ide jualan yang cukup menguntungkan. Hal ini dikarenakan makanan merupakan kebutuhan primer dari setiap orang. Oleh karenanya, peluang untuk laku dan bahkan repeat order pun akan cenderung lebih terbuka.

Di sisi lain sistem online yang diaplikasikan pun juga menguntungkan. Tentu, ketika membuka warung online, maka Anda bisa saja tidak membuka warung secara offline. Dari sudut pandang ini, Anda bisa menghemat pengeluaran untuk modal bisnis awal.

Juga, dengan sistem online tersebut, pemasaran bisa semakin luas. Anda bisa menjangkau calon konsumen dari mana saja secara tidak terbatas. Tentu, dengan pangsa pasar yang luas, peluang mendapatkan keuntungan pun akan semakin maksimal.

Ide Jualan Makanan Online yang Menguntungkan

Ketika berbincang tentang jualan online makanan, pertanyaan yang sering muncul adalah makanan apa yang cocok untuk dijadikan bahan jualan? Tentu saja, ada banyak sekali makanan yang bisa dijadikan ide untuk memulai bisnis jualan online Anda. Sebagai gambaran, ada beberapa rekomendasi yang bisa Anda jadikan ide sebagai berikut:

  1. Kue kering

Meskipun menjadi salah satu panganan yang sangat familiar, namun tetap saja kue kering dinikmati oleh banyak kalangan. Nah, jika Anda bisa membuat aneka kue kering, maka panganan ini bisa menjadi ide jualan makanan online yang tepat.

Tidak hanya banyak penggemar, kue kering pun cenderung identik dengan momen tertentu, terutama lebaran. Oleh karenanya, ada peluang jika order kue kering akan meningkat menjelang lebaran.

Untuk strategi bisnis, Anda bisa membuat iklan kue kering dengan sistem pre order. Dengan sistem ini, Anda akan terhindar dari masalah kue kering yang rusak karena terlalu lama.

  • Frozen food

Ide jualan makanan online lain yang menarik untuk dicoba adalah frozen food atau makanan beku. Ya, penggemar makanan beku saat ini semakin banyak karena jenis makanan ini memudahkan mereka untuk menikmati makanan enak dengan lebih mudah dan bisa disimpan dalam waktu yang lama.

Untuk memulai bisnis ini, And a memerlukan freezer. Selain itu, cobalah mencari distributor yang tepat untuk menjadi pemasok aneka frozen food. Semakin bervariasi produk frozen food yang Anda jual, peluang laku tentu semakin besar.

  • Keripik

Anda tentu sudah familiar dengan makanan yang satu ini, bukan? Ya, keripik menjadi salah satu camilan yang paling banyak disukai. Bahkan, saat ini, ada banyak sekali variasi menu keripik dengan cita rasa yang berbeda-beda.

Nah, saat hendak memulai jualan makanan secara online, Anda bisa menjadikan keripik sebagai komoditas jualan yang tepat. Opsi ini cukup menguntungkan karena selain banyaknya masyarakat yang suka dan familiar, umumnya keripik memiliki daya tahan yang lama sehingga tidak merepotkan dan mudah dikirim ke mana saja.

Beberapa poin di atas adalah ragam ide menarik terkait jualan makanan secara online. Tentu saja, masih banyak ide makanan lainnya yang bisa dijadikan komoditas jualan online. Misalnya saja, Anda bisa menjual aneka sambal, salad buah, camilan sehat atau lainnya.

Tips Berjualan Makanan Secara Online

Selain menentukan jenis makanan yang tepat untuk memulai jualan online, tentu saja Anda juga harus memahami tips berjualan online demi mendapatkan banyak pelanggan. Ada beberapa tips mendasar yang perlu Anda ketahui dengan saksama, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Aktif di sosial media untuk mengetahui kondisi pasar jualan online
  2. Rutin melakukan promo kepada calon pembeli untuk mendapatkan daya tarik
  3. Melakukan promosi yang terarah dan teratur
  4. Ramah dalam menjawab setiap pertanyaan yang masuk
  5. Melakukan inovasi, misalnya pada kemasan produk, kemasan pengiriman atau lainnya

Dengan beberapa tips di atas, tentu Anda bisa menjalankan ide bisnis makanan online tersebut dengan lebih baik. Sebagai tambahan, untuk menjalankan bisnis tersebut, Anda juga perlu konsisten.

Poin ini sangat penting dan juga krusial. Pasalnya, hanya dengan konsistensi yang tinggi bisnis jualan online makanan bisa berjalan dengan lancar dan bertahan dengan lama. Pasalnya, konsistensi akan membantu Anda menghadapi persaingan bisnis yang ketat.

Leave a Comment