Select Page

Masa pandemi sekarang ini banyak membawa perubahan baik dalam sistem pendidikan maupun perekonomian. Baru-baru ini banyak bermunculan bisnis baru yang sebelumnya belum pernah terpikirkan. Salah satu bisnis yang muncul akibat dampak dari pandemi adalah usaha sayuran potong siap masak.

Untuk itu, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi terkait usaha sayuran potong siap masak, mulai dari cara memulai, prospek, keuntungan, hingga tantangan yang harus dihadapi.

Tips Memulai Usaha Sayuran Potong Siap Masak

Sumber Gambar : docplayer.info

Memulai bisnis sayuran potong sebenarnya tidak perlu mengumpulkan informasi yang banyak serta mendalam dan sejumlah peralatan canggih untuk menunjangnya. Cukup melakukan beberapa cara sederhana yang mudah namun efektif.

Berikut ini akan saya sebutkan beberapa tips sederhana memulai usaha sayuran potong siap masak yang bisa Anda terapkan :

1. Memulai dengan Melakukan Observasi (Survei Lapangan)

Tips memulai bisnis sayuran potong yang pertama adalah dengan cara melakukan observasi. Observasi atau survei lapangan sangat penting dilakukan oleh pelaku bisnis yang akan memulai suatu usaha baru yang belum pernah dilakukan sebelumnya.

Dengan melakukan observasi, para pelaku usaha yang akan memulai bisnis baru bisa mendapatkan sejumlah data yang berisikan tentang realita kebutuhan primer seperti asupan makanan, minuman dan lain sebagainya yang masyarakat perlukan.

Jangan sampai Anda membuka bisnis baru di tengah masyarakat namun peminat usaha yang dijalankan sedikit bahkan tidak ada. Karena jika demikian halnya, tentu usaha tersebut akan tergerus oleh kebangkrutan. 

Maka kumpulkanlah data-data sebanyak mungkin seputar kebutuhan masyarakat, apakah usaha sayuran potong benar-benar potensial untuk dijalankan atau itu hanya sekedar hipotesis Anda sendiri.

Melakukan observasi juga akan mendapatkan data seputar jenis-jenis sayuran yang dibutuhkan oleh masyarakat yang notabene jauh dari tempat perbelanjaan sayur-sayuran.

Dengan cara ini, Anda akan menjadikan data tersebut sebagai acuan utama untuk menarik perhatian para pelanggan tentang pelayanan yang akan Anda berikan.

2. Melakukan Kerjasama dengan Pedagang Lain

Setelah melakukan observasi atau survei terhadap minat masyarakat, maka hal selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah melakukan kerjasama atau bermitra dengan pedagang sayuran lain.

Cara sederhana namun terbukti efektif untuk mencari mitra dagang sayuran adalah dengan cara mendatangi langsung kepada petani sayuran tersebut. Dengan cara ini, Anda akan mendapatkan harga tangan pertama dan akan mudah bernegosiasi seputar harga sayuran yang akan Anda jadikan produk utama kepada pelanggan.

Cara ini juga akan menguntungkan Anda sebagai distributor sayuran tersebut, karena akan mendapatkan sayuran dengan kualitas terbaik dari petani langsung.

3. Mempersiapkan Peralatan dan Mulai Berdagang

Langkah selanjutnya jika sudah melakukan kerjasama dengan petani lokal adalah mempersiapkan segala macam peralatan yang akan digunakan sebagai alat berdagang.

Berikut ini daftar alat yang akan digunakan untuk menunjang kegiatan berdagang sayuran potong siap masak yang Anda butuhkan:

1. Sayuran Sebagai Produk Dasar

Sayuran yang dijual harus mempunyai kualitas yang baik. Kualitasnya bisa dilihat dilihat dari kesegaran, kebersihan, dan corak warnanya. Maka hindari sayuran yang sudah tidak segar alias layu karena akan menjadikan sayuran lain cepat busuk dan akan merusak citra baik usaha Anda di mata ibu-ibu yang sudah menjadi pelanggan setia Anda.

2. Wadah Sayuran

Wadah sayuran potong dapat berupa styrofoam atau bahan lain yang aman digunakan untuk membungkus sayuran agar tetap segar dan bersih.

3. Wrapping atau Pembungkus Sayuran

Anda bisa menggunakan plastik bening yang kedap udara sebagai media pengemas sayuran potong yang dikemas agar tetap segar hingga sampai ke tangan pelanggan.

4. Open Chiller atau Wadah Sayuran Sebelum Pengemasan

Wadah atau tempat yang aman untuk sayuran tetap segar dapat berupa box yang sudah dilapisi dengan bahan aman atau lain sebagainya.

5. Kendaraan Operasional

Kendaraan yang digunakan untuk mengirim sayuran potong sebenarnya tidak terlalu diperlukan jika sayuran tersebut dikirimkan kepada mitra-mitra yang mempunyai jarak yang dekat. Anda dapat menyalurkannya dengan menggunakan sepeda motor atau mobil pick up jika jumlah pesanan cukup banyak dan lokasi pengiriman terbilang jauh.

Prospek Bisnis Sayuran Potong

Usaha sayuran potong siap masak di masa pandemi seperti saat ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Hal tersebut bisa disimpulkan dari fakta akan tingginya kebutuhan sayuran siap masak untuk kebutuhan sehari-hari.

Di sisi lain, tidak semua ibu-ibu rumah tangga memiliki banyak waktu luang untuk berbelanja di pasar atau swalayan, kemudian membersihkan bahan makanan tersebut dengan bersih maksimal hingga mengolahnya menjadi masakan lezat siap makan untuk keluarga tercinta. Pasalnya, cara konvensional seperti ini biasanya membutuhkan waktu yang tidak sebentar dan tenaga yang dikeluarkan cukup banyak.

Demikian pula melihat kenyataan masyarakat yang harus bisa membatasi pergerakan dan aktivitasnya di luar rumah, namun kebutuhan primer sehari-hari seperti makan, minum dan lain sebagainya tetap harus terpenuhi.

Selain itu, banyak masyarakat yang selektif dalam memilih asupan makanan mereka karena takut tercampur dengan bahan berbahaya seperti borak atau campuran berbahaya lainnya.

Oleh karena itu, kehadiran usaha sayuran potong siap masak yang terjamin akan kesehatan dan kesegarannya adalah suatu anugrah di tengah masyarakat saat ini.

Dengan Anda menjual sayuran potong siap masak, berarti Anda sudah membantu masyarakat memenuhi kebutuhan sehari-hari. Sebab, ibu-ibu rumah tangga tidak lagi kebingungan mencari bahan makanan terbaik untuk keluarganya di rumah.  

Peluang usaha sayuran potong siap masak sangatlah besar karena masih jarang kita temui. Bisnis yang satu ini merupakan bisnis yang target marketnya adalah area perkotaan dan perumahan yang masyarakatnya jarang keluar rumah untuk sekedar berbelanja atau melakukan kegiatan lain yang menghabiskan banyak waktu di luar rumah.

Melihat kondisi pandemi saat ini, maka gagasan atau ide untuk melahirkan bisnis sayuran potong siap masak adalah solusi cerdas yang sangat inovatif dan kreatif.  Oleh karena itu, prospek bisnis sayuran potong bisa dikatakan sebagai bisnis yang cukup menjanjikan jika pelaku bisnis bisa menjalankan dengan cara-cara yang baik dan benar.   

Keuntungan Bisnis Sayuran Potong Siap Masak

usaha sayuran potong siap masak
Sumber Gambar : bukalapak.com

Pelaku bisnis sayuran potong bisa mendapatkan keuntungan yang besar setiap bulannya, bahkan bisa mencapai puluhan juta rupiah. Usaha sayuran potong siap masak ini termasuk usaha yang belum banyak pesaing. Sehingga, di kondisi pandemi seperti saat ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat, khususnya masyarakat perkotaan yang jauh dari tempat perbelanjaan sayur-sayuran.

Setelah membaca informasi di atas, apakah Anda berminat untuk mulai menjalankan usaha sayuran potong siap masak? Jika memang iya, sebaiknya Anda dari sekarang mulai dengan melakukan survei ke beberapa lokasi di sejumlah masyarakat kota atau perumahan, sehingga Anda bisa yakin akan sukses menjalankannya.

Itulah beberapa informasi terkait usaha sayuran potong siap masak yang bisa kami bagikan. Semoga informasi ini bermanfaat, khususnya bagi Anda yang ingin mengelola atau menjalankan sebuah usaha, tapi bingung menentukan usaha yang tepat.