Select Page

Usaha industri percetakan merupakan salah satu bidang bisnis yang sangat menjanjikan apabila digeluti dengan benar. Hal ini tidak mengherankan, mengingat bisnis satu ini bisa dikatakan sebagai bisnis yang tidak ada matinya.

Seperti yang kita ketahui bahwa masyarakat Indonesia erat dengan perayaan, entah perkawinan, sunatan, dan yang lainnya. Berdasarkan fakta ini, tentunya usaha percetakan undangan sangat mungkin untuk terus hidup dan berkembang disebabkan tingginya kebutuhan masyarakat terhadap hal tersebut.

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi informasi terkait cara memulai usaha percetakan undangan dengan budget minim, namun hasil yang maksimum. Simak baik-baik ulasan berikut ini.

7 Tips Sukses Mengelola Usaha Percetakan Undangan

TIps Usaha di Bidang Percetakan

1. Mencari Pengetahuan Seputar Bisnis Percetakan

Knowledge is power. Mungkin ungkapan ini cocok disematkan pada tips pertama ini. Pengetahuan sangat diperlukan untuk memulai bisnis apapun, terlebih untuk industri bisnis di bidang percetakan undangan yang notabene harus paham seluk beluk sistem percetakan, seperti software photoshop dan lain sebagainya.

Jangan sampai Anda memulainya hanya dengan dengan modal nekat tanpa pengetahuan apa pun dan malas bertanya kepada orang yang sudah berhasil meraih kesuksesan dalam usaha percetakan undangan. Sebab jika demikian kondisinya, tinggal menghitung hari saja usaha di bidang percetakan undangan yang Anda jalani akan gulung tikar. 

Intinya dalam tips pertama ini, Anda jangan pernah berhenti mencari pengetahuan dan mengembangkan skill seputar percetakan, agar lebih memahami dan dapat berjalan mandiri dalam usaha percetakan tersebut.

2. Bermitra dengan Vendor Blangko Lain

Selanjutnya tips yang akan kami berikan adalah seputar bermitra atau menjalin kerjasama dengan pengusaha vendor yang menyediakan blangko yang lengkap dan berkualitas. Hal ini tentu sangat penting, karena ketika kita sudah memutuskan memulai bisnis percetakan undangan, maka keunikan atau variasi undangan yang dibuat merupakan modal awal berpromosi.

Menemukan mitra bisnis percetakan yang profesional tidaklah mudah. Banyak pengusaha percetakan undangan yang sudah bermitra dengan orang lain. Oleh karena itu, pada tips ini Anda hendaknya mempunyai kenalan atau sahabat yang mengerti perihal vendor blangko lengkap, Syukur-syukur sudah memiliki katalognya agar mudah memilih macam-macam variasi undangan sesuai selera.

Setelah menemukan mitra vendor blangko undangan dan segala perlengkapannya, sebaiknya Anda mencobanya terlebih dahulu kepada acara orang-orang terdekat, seperti keluarga, sahabat atau tetangga desa agar bisnis percetakan undangan Anda dikenali banyak orang.

3. Menentukan Lokasi Berbisnis Percetakan Undangan

Lingkungan menentukan pendapatan. Ungkapan satu ini memang sangat cocok disandingkan dengan tips selanjutnya seputar tips sukses memulai bisnis percetakan undangan. Lokasi dalam pendirian bangunan usaha tentu jangan sampai disepelekan. Banyak bisnis yang mempunyai produk yang bernilai tinggi, namun karena lokasi tempat usahanya jauh dari jangkauan masyarakat atau berada di lingkungan sepi usaha yang dijalani tidak bisa berkembang dan hanya menunggu waktu usaha tersebut akan bangkrut.

Terlebih untuk lokasi pendirian bangunan tempat usaha percetakan undangan harus berlokasi di tempat yang strategis dan mudah dijangkau oleh semua kalangan masyarakat yang membutuhkan jasa pembuatan percetakan undangan.

Kamu bisa membuat spanduk di depan tempat atau lokasi bisnis percetakan undangan yang kamu jalankan, agar orang-orang yang melintas dapat melihatnya sehingga mereka tahu bahwa kamu dapat membantu mereka ketika membutuhkan jasa pembuatan percetakan undangan saat mereka akan mengadakan suatu acara, baik pernikahan, sunatan dan lain sebagainya.

4. Menyediakan Katalog Variasi Undangan

Pandangan pertama menentukan sikap. Ungkapan ini tentu sudah menjadi hal biasa ketika kita pertama kali melihat sesuatu yang baru. Sudah dipastikan setiap pelanggan yang membutuhkan jasa pembuatan undangan di tempat usaha percetakan undangan yang kamu jalani hal pertama yang mereka minta adalah katalog undangan yang tersedia.

Dengan melihat secara langsung, para pelanggan akan menilai sendiri undangan yang kamu buat layak atau tidak untuk dipesan. Maka sediakanlah katalog undangan yang bervariasi agar para pelanggan mudah untuk tertarik dan tidak ragu untuk memesan undangan di tempat usaha percetakan undangan yang kamu jalani.

5. Rajin Memasarkan Via Online di Sosmed

Di zaman serba canggih saat ini orang dengan mudah untuk melakukan segala hal, dari kebutuhan primer hingga sekunder dari tidur hingga tidur lagi. Memanfaatkan kemudahan sosial media tentu sangat mudah dan efeknya juga jangan sampai disepelekan. Karena banyak orang yang terkenal, hanya dengan mengiklankan dirinya dengan baik di sosial media.

Maka lakukanlah hal serupa namun mempunyai keunikan. Perbanyaklah mengiklankan usaha percetakan undangan yang kamu jalani dengan memberikan berbagai macam desain gambar disertai dengan video animasi atau sejenisnya. Kamu juga bisa menambahkan nomor telepon atau whatsapp di bagian bawah iklan tersebut agar orang-orang di sosial media yang melihat iklan yang kamu buat seputar percetakan undangan akan mudah tertarik tidak ragu berkomunikasi via online dan tidak menutup kemungkinan kamu akan banjir pesanan.

6. Berikanlah Bonus Lebih Sesuai Pesanan

Gambar Usaha Percetakan Undangan

Memberikan diskon tentu bukan hal buruk dan banyak dilakukan oleh pengusaha lain untuk menarik perhatian pelanggan. Namun menarik perhatian pelanggan dengan cara diskon atau potongan harga tentu memberikan efek samping yang kurang sehat dan tidak baik apabila dilakukan secara terus menerus.

Efek samping memberikan diskon atau potongan di tempat usaha yang kamu jalani adalah perang harga. Jika kamu memilih menarik perhatian pelanggan dengan diskon berarti kamu harus siap kalau ada pesaing lain memberikan harga lebih murah lagi.

Maka tips menjalankan bisnis percetakan undangan dengan sukses adalah menghindari diskon atau promo, namun berikanlah bonus lebih bagi pelanggan. Kamu bisa memberikan bonus lebih seperti memberikan mercendais menarik berupa stiker, elektronik bahkan handphone jika beruntung agar pelanggan tertarik untuk terus bertransaksi ria di tempat usaha percetakan miliki kamu.

7. Hindari Memberikan Hutang Kepada Pelanggan

Uang atau dana merupakan roda penggerak bisnis yang sangat signifikan. Dalam menjalankan bisnis sebisa mungkin untuk memberikan peluang hutang kepada pelanggan. Tips satu ini bisa diatasi dengan memberikan DP di awal transaksi pemesanan undangan. Hal ini dilakukan untuk memberikan kepastian bahwa pelanggan benar-benar siap menyediakan sejumlah nominal tertentu sesuai pesanan yang mereka inginkan.

Menghindari memberikan hutang kepada pelanggan juga akan berdampak besar kepada pelanggan lain yang ingin memesan. Jangan sampai Anda memberikan hutang kepada satu orang kemudian orang lain juga melakukan hal serupa.  Jika sudah demikian kondisinya, besar kemungkinan usaha Anda tidak akan berjalan lancar, bahkan berakibat mengalami kerugian.

Itulah beberapa informasi terkait tips sukses memulai usaha percetakan undangan yang perlu Anda ketahui sebagai bekal referensi pengetahuan seputar dunia bisnis yang menjanjikan di masa saat ini. Cobalah terapkan tips-tips di atas jika Anda mengelola bisnis yang bergerak di bidang percetakan undangan.