Select Page

KTA atau kredit tanpa agunan merupakan salah satu produk pinjaman yang diberikan oleh bank tanpa adanya jaminan dari nasabah. Dewasa ini KTA sering dijadikan solusi bagi banyak masyarakat untuk memperoleh pinjaman dana secara mudah selain itu dengan KTA tidak perlu adanya jaminan dalam melakukan pinjaman.

Selain itu KTA sangat bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan modal usaha, kebutuhan mendesak dan dana darurat. Maybank, cimb niaga, permata bank. BNI. Digibank, dan danamon merupakan beberapa  bank yang menyediakan program KTA. Lalu bagaimana cara mengetahui KTA disetujui atau ditolak?

Trik KTA Tidak Ditolak

Agar pinjaman KTA anda dapat dengan mudah disetujui maka anda perlu mengetahui beberapa tipsnya seperti berikut ini :

1.        Pastikan anda memilih KTA yang sesuai dengan penghasilan Anda

Penghasilan setiap orang pastinya berbeda-beda begitupula angka penghasilan dari bank juga berbeda-beda sesuai dengan kebijakannya. Untuk itu pastikan bank yang anda pilih menawarkan pinjaman sesuai dengan angka penghasilan kamu.

2.       Membayar hutang

Sebelum mengajukan KTA anda wajib untuk melunasi hutang piutang yang pernah anda lakukan sebelumnya agar bank dapat mempertimbangkan bahwa anda mampu melunasi hutangnya.

3.       Menjadi nasabah bank tersebut

Dengan menjadi nasabah di bank tersebut akan lebih membuka peluang bagi pinjaman anda untuk disetujui.

4.       Mempunyai telepon rumah

Biarpun terlihat ketinggalan jaman, namun beberapa bank masih meminta nomor telepon kepada nasabah karena dianggap dapat memberikan kemudahan dalam proses pengajuan pinjaman. Atau jika kepepet tidak ada nomor telepon rumah anda dapat memberikan nomor telepon kantor.

5.       Siap dihubungi

Setelah mengajukan pinjaman KTA ke bank maka pastikan anda standby dengan ponsel anda karena pihak bank akan melakukan panggilan untuk mengecek kebenaran data. Satu hal yang perlu diingat bahwa pihak bank pasti akan menelepon pada saat jam kerja.

Setelah melakukan pendaftaran sambil menunggu  prosesnya anda dapat mereview berkas anda apakah sesuai atau tidak, untuk membantu anda memudahkan mendeteksi berkas anda maka berikut ini beberapa ciri-ciri kredit tanpa agunan anda akan disetujui :

1.       Usia pas

Umumnya pengajuan KTA usia minimalnya adalah 18 tahun dan maksimal antara 55 atau 60 tahun pada saat tenor berakhir. Namun semuanya kembali lagi pada kebijakan setiap bank.

2.        Penghasilan perbulan

Jumlah penghasilan anda juga dapat mempengaruhi dalam pinjaman KTA anda. Untuk karyawan pada umumnya di kisaran minimal Rp. 3.000.000.,00 per bulan. Berbeda dengan pelaku usaha atau profesional biasanya dipatok dengan harga besar. Penghasilan anda wajib dibuktikan dengan adanya lampiran bukti hasil penghasilan seperti rekening koran/slip gaji.

3.       Dokumen komplit

Dokumen-dokumen yang biasanya dipersiapkan dalam pengajuan KTA yaitu KTP dan NPWP. Ktp menjadi syarat mutlak pengajuan KTA .untuk NPWP sendiri hal ini tergantung dengan kebijakan yang dimiliki setiap bank. Namun, akan lebih baik jika anda melampirkan keduanya.

4.        Mempunyai kartu kredit

Terdapat beberapa bank yang mewajibkan nasabah mempunyai kartu kredit saat mengajukan pinjaman. Terhadap bank yang memberi syarat seperti itu maka selain mempunyai kartu kredit juga usia kartu kredit anda minimal sudah 1 tahun.

5.       Aman BI Checking

BI checking berfungsi untuk melihat pemeriksaan riwayat kredit seseorang baik atau tidak. Pastikan anda tidak memiliki tanggungan hutang yang lama atau sedang memiliki pinjaman karena hal ini akan membuat peluang KTA anda ditolak sangat besar.

6.       Domisili sesuai

Banyak bank masih menerapkan syarat domisili pada proses pengajuan KTA. Bagi anda yang berada di luar ketentuan domisili diharapkan untuk tidak membuang waktu mengajukan KTA karena kemungkinan besar akan ditolak. Syarat ini penting karena bila dikemudian hari anda kemacetan maka bank dapat mengunjungi alamat tersebut

Hal Yang Perlu Diperhatikan Terkait Kta

Disamping banyaknya kemudahan dalam cara mengetahui KTA disetujui namun terdapat juga beberapa hal yang mesti anda perhatikan terkait KTA ini :

1.        Provisi atau biaya administrasi

Biaya administrasi ini pada umumnya langsung dipotong dari plafon yang divairkan. Provivi juga biasanya sangat bervariasi.

2.       Penalti

Penalti muncul ketika anda melunasi KTA dalam kurun waktu yang lebih cepat daripada tenor yang telah disepakati. Jumlah biaya penalti juga berbeda pada setiap tim.

3.       Biaya keterlambatan

Selain membayar terlalu cepat, terlambat membayar pasti akan langsung dikenai denda. Semakin anda menunda mencicil barang maka denda yang akan anda terima juga semakin besar.

4.       Asuransi

Dalam KTA juga terdapat asuransi apabila peminjam tidak dapat menunaikan kewajibannya sehingga tidak bisa melunasi hutangnya.

Itulah beberapa informasi terkait cara mengetahui KTA disetujui atau tidak, sebaiknya anda melakukan riset  terhadap produk KTA yang ditawarkan di pasaran sebelum mengajukan pinjaman ke suatu bank agar tidak menyesal dikemudian hari.

Untuk melakukan perbandingan produk anda juga dapat menggunakan jasa fintech yang anda sehingga tidak perlu susah payah sendiri. Semoga membantu !!!