Select Page

Sekarang ini, bank memang sudah sangat banyak jumlahnya. Mulai dari bank miliki negara hingga swasta. Fungsinya pun tidak hanya menyimpan uang saja namun juga bisa digunakan untuk peminjaman. Akan tetapi, jika anda umat islam maka perlu memperhatikan peminjaman karena biasanya pada pinjaman terdapat riba. Untuk menghindarinya, anda bisa mencoba memilih pinjaman BRI syariah. Pinjaman ini memang hadir sebagai pilihan masyarakat yang ingin memanfaatkan produk-produk perbankan yang berbasis syariah. Bank ini sendiri sudah beroperasi sejak tahun 2008 dan merupakan bank Jasa Arta yang diakuisisi Bank BRI.

Mengapa Perlu memilih pinjaman BRI syariah?

Seperti namanya, bank syaraiah merupakan bank yang dalam menjalankan setiap kegiatan usahanya dilakukan berdasarkan prinsip hukum islam dan juga diatur oleh fatwa MUI. Ada beberapa prinsip yang diterapkan pada bank syariah seperti keadilan dan keseimbangan atau wa tawazun, universalisme atau alamiyah, kemaslahatan atau maslahah, dan tidak mengundang unsur gharar, riba, maysir, zalim. Serta objek haram. Adapun untuk pengaturan dan pengawasan perbankan syariah tetap dilakukan oleh OJK seperti yang dilakukan oleh bank konvensional lainnya.

Dengan kata lain, banyak keunggulan yang bisa anda dapatkan jika menggunakan pinjaman syariah satu ini. Salah satu keunggulan yang bisa anda dapatkan adalah pinjaman ini hadir dan diklaim tidak ada riba karena menggunakan akad murabahah dan ijarah yang bisa menghindari riba selama proses angsuran pembiayaan berlangsung. Selain itu, perlu anda ketahui juga bahwa pinjaman bank ini juga memiliki format cicilan yang sangat baik. hal itu disebabkan karena cicilan yang diberikan tetap dan disesuaikan dengan besarnya pinjaman danan diawal. Tentu saja, hal ini akan memudahkan anda untuk melakukan angsuran dan syarat yang diberikan juga cukup sederhana.

Jenis-jenis pinjaman BRI syariah

Ada banyak sekali jenis pinjaman BRI syariah yang bisa anda temui sehingga anda bisa memilih pilihan yang tepat dan cocok untuk anda. Beberapa jenis pinjaman yang bisa anda dapatkan diantaranya adalah sebagai berkut:

KPR BRI Syariah iB

Pinjaman satu ini cocok bagi anda yang ingin membeli properti, rumah, apartemen, ruko, rukan, tanah keveling, dan lain sebagainya. pinjaman ini disediakan dengan berpedoman pada prinsip jual beli atau sewa-menyewa. Dengan prinsip ini maka sudah ditentukan jumlah angsuran yang harus dibayarkan tiap bulannya.

KPR Sejahtera BRISyariah iB

Pada pinjaman ini, dikhususkan bagi anda yang ingin membeli properti. Perbedaan dengan pinjaman KPR BRISyariah iB yaitu dapat sokongan dana fasilitas likuiditas pembiayaan peruamahan. Dengan kata lain, pemberian KPR ini akan menyasar masyarakat yang berpenghasilan rendah dan yang penghasilan tetapnya tiap bukan Rp 4jutaan. Pinjaman ini terdiri dari KPR Syariah Tapak dan KPR Sejahtera Syariah Susun. Untuk mengajukan peminjaman ini, anda harus menyediakan uang muka sekitar 1 persen dari harga rumah sementara tenor pinjaman ini yaitu maksimal 15 tahun.

KKB BRISyariah iB

Adapun pinjaman terkahir adalah KKB BRISyariah iB yang bisa digunakan untuk kredit mobil tanpa riba. Cara kerja pinjaman ini berperdoman pada prinsip jual beli dan pinjaman ini bisa dimanfaatkan untuk membeli mobi baru ataupun bekas dan plafon kreditnya mulai dari Rp 50 juta hingga Rp 1 Miliar. Adapun uang muka yang harus diserahkan adalah sekitar 30 persen dan waktu pelunasannya mulai dari satu tahun hingga 5 tahun.

Cara mendapatkan pinjaman BRI syariah

Jika anda tertarik untuk meminjam, maka ada beberapa cara yang perlu anda perhatikan. Langkah-langkah yang perlu dilakukan adalah dengan menghubungi pihak BRI Syariah. Anda bisa menanyakan apa saja syarat yang dibutuhkan untuk melakukan pinjaman. Selain itu, anda juga perlu menyiapkan dokumen lengkap yaitu beberapa dokumen yang diperlukan. Semakin cepat dokumen yang disiapkan maka akan semakin cepat pula proses peminjamannya.

Tidak sampai disitu saja, karena anda juga perlu mengajukan proposal peminjaman. Pengajuan proposal ini sangat penting sebagai bahan pertimbangan bank apakah peminjaman lolos atau tidak. Nantinya, bank juga akan melakukan peninjauan secara langsung apakah kamu pernah mengambil pinjaman lain atau tidak. Jika semua proses sudah dilakukan maka anda hanya perlu menunggu proses verifikasi dari bank BRI Syariah. Jika pengajuanmu disetujui maka anda akan dihubungi dan dana pinjaman anda akan segera dicairkan.

Perlu anda ketahui pula, jika anda ingin mendapatkan informasi lebih lengkap terkait peminjaman maka anda bisa mengubungi call center untuk sekedar bertanya-tanya agar lebih jelas. Pastikan juga kolektibilitas kredit dalam keadaan yang baik karena hal ini akan menjadi salah satu syarat penentu untuk mendapatkan peminjaman.  Itulah beberapa informasi terkait pinjaman BRI syariah yang perlu diperhatikan. Jika dilihat, memang meminjam ke bank dengan prinsip syariah memang memiliki sistem yang sedikit berbeda dari bank konvensional. Akan tetapi,manfaatnya lebih karena jauh dari riba.