Select Page

Memiliki kartu ATM BNI memang mempermudah berbagai transaksi seperti transfer hingga tarik tunai. Namun, terkadang kita juga lupa dengan PIN ATM tersebut karena berbagai alasan. Pada kali ini akan dijelaskan tentang cara mengatasi lupa PIN ATM BNI tanpa harus ke bank.

Kelebihan ATM Bank BNI

Bertransaksi melalui mesin ATM memang memilih berbagai kelebihan. Selain bisa digunakan mengambil tabungan di titik-titik tertentu, segala transaksi seperti transfer, pembayaran online juga bisa dilakukan. Di sisi lain, BNI sendiri juga merupakan salah satu bank terbaik karena beberapa alasan.

1. Memiliki layanan cash management terbaik

Bisa dibilang BNI mempunyai layanan cash management terbaik di Indonesia. Inilah alasan kenapa nasabah bank tersebut terdiri dari berbagai kalangan mulai dari masyarakat biasa hingga perusahaan besar. Bahkan, BNI juga pernah menyabet penghargaan Best Cash Management Bank for Indonesia di 2013.

2. Pelayanan yang baik

Salah satu kriteria bank yang baik bisa dilihat dari kualitas pelayanannya. Selain menghadirkan pelayanan terbaik, nasabah juga tidak perlu khawatir terkait keamanan uang di tabungannya. Nasabah juga bebas memilih jenis tabungan sesuai dengan kebutuhan.

Kekurangan ATM Bank BNI

Di sisi lain, memang ada sedikit kekurangan dari bank tersebut. Hal yang cukup terlihat sampai saat ini adalah tidak semua lokasi terdapat ATM BNI. Mungkin di kota-kota besar, ATM akan bisa ditemukan dengan mudah seperti di pusat perbelanjaan, SPBU, dan sebagainya.

Akan tetapi, ketika sudah berada di daerah yang agak jauh dari pusat kota, mencari mesin ATM cenderung lebih sulit. Kabar baiknya, BNI sudah mencoba memperbaiki hal tersebut dengan membuka peluang agen BNI sehingga masyarakat di desa-desa pun bisa menikmati layanan bank ini.

Fungsi PIN ATM

Kembali ke pokok pembahasan, yakni PIN ATM. Pin ini biasanya dibuat ketika Anda melakukan pembukaan rekening dan terdiri dari 6 digit angka. Lalu, apa sebenarnya fungsi dari PIN tersebut?

Pada dasarnya, PIN merupakan kode keamanan yang hanya boleh diketahui oleh pemilik rekening saja. Hal tersebut karena seluruh transaksi baru akan bisa dilakukan setelah berhasil memasukkan nomor PIN yang tepat.

PIN biasanya juga diperlukan ketika akan melakukan pembayaran menggunakan kartu debit di pusat perbelanjaan. Jadi, bisa disimpulkan bahwa fungsi PIN sangat penting dan benar-benar harus dijaga kerahasiaannya.

Penyebab Lupa PIN ATM

Meskipun sangat penting, sayangnya masih banyak orang kerap lupa akan PIN tersebut. Beberapa alasan yang sering terjadi adalah sebagai berikut.

1. Asal membuat PIN

Alasan pertama adalah asal membuat PIN. Artinya, ketika melakukan pembukaan rekening, nasabah hanya mendaftarkan PIN secara acak sepintas kepala saja. Membuat nomor acak memang penting, namun Anda juga harus mengasosiasikan kepada hal tertentu agar lebih mudah diingat.

Sebagai contoh, Anda menggunakan PIN 127801. Nomor tersebut terdiri dari angka 12 yang menunjukkan tanggal lahir Anda, sementara 7801 adalah plat nomor salah satu kendaraan. Cara ini akan membuat PIN lebih mudah diingat dan kemungkinan kecil akan lupa.

2. Tidak mencatat

Pihak bank mungkin cenderung cepat ketika membantu proses pendaftaran sehingga Anda tidak sempat mencatat nomor tersebut. Hal ini memang kerap terjadi karena banyak orang menganggap bisa menghafal nomor tanpa harus dicatat.

Padahal, apabila Anda tidak menggunakan ATM setidaknya 3 bulan saja, potensi lupa PIN sangat mungkin terjadi. Di saat inilah mencatat nomor tersebut sangat penting. Setelah proses pendaftaran, sebaiknya langsung catat di secarik kertas atau catatan ponsel.

Baca Juga : Pinjaman Bank BRI Jaminan Sertifikat Rumah

Cara Mengatasi Lupa PIN ATM BNI Tanpa Harus ke Bank

Lalu, jika kejadian lupa PIN sudah benar-benar terjadi, apa yang harus dilakukan? Setidaknya ada beberapa cara bisa dicoba, yakni secara offline atau online tanpa harus ke bank. Berikut adalah cara tanpa harus datang ke bank.

1. Menggunakan layanan SMS Banking

Cara ini sebenarnya bisa dibilang paling praktis dan tidak membutuhkan cukup banyak biaya, yakni melalui SMS Banking. Prosesnya pun cenderung cepat. Namun, pastikan Anda sudah mendaftar layanan ini ketika pertama kali membuka rekening.

Untuk melakukannya, Anda cukup mengirimkan pesan dengan format RPIN (spasi) Nomor Rekening (spasi) Tanggal Lahir. Selanjutnya kirimkan SMS tersebut ke nomor 3346. Tunggu beberapa saat maka Anda akan diberikan instruksi khusus oleh Bank BNI.

2. Menggunakan layanan call center

Jika sebelumnya menggunakan metode SMS, maka cara ini adalah dengan melakukan telepon ke layanan call center BNI. Pastikan sebelum melakukan panggilan pulsa sudah diisi minimal Rp10.000,00 untuk memastikan panggilan tidak berhenti di tengah jalan.

Setelah itu, silakan hubungi nomor layanan BNI di 1500046. Apabila sudah terhubung dengan call center, sampaikan maksud Anda, yakni meminta bantuan mengatasi masalah lupa PIN ATM. Petugas akan menanyakan beberapa informasi pribadi sebelum verifikasi.

Itulah tadi sedikit penjelasan mengenai cara mengatasi lupa PIN ATM ABNI tanpa harus ke bank. Setelah mendapatkan solusi, sebaiknya ingat-ingat kembali PIN tersebut agar tidak terjadi masalah serupa.