Select Page

Dijaman yang serba digital seperti sekarang ini, banyak orang yang tergoda dengan manfaat kartu kredit. Hal itu disebabkan karena kemudahannya yaitu tinggal gesek, transaksi pembayaran selesai meskipun itu sama saja dengan berutang. Oleh karena itu, tidak sedikit orang yang ingin lebih mudah dan cepat untuk mendapatkan dana tunai dengan menggunakan fasilitas tunai kredit.  

Akan tetapi, tidak sedikit orang juga yang bingung dan mempertanyakan apakah tarik tunai kredit bisa dicicil? Pada dasarnya, dengan satu  kredit urusan keuangan atau transaksi pembayaran akan jadi lebih praktis. Terlebih jika pihak bank bisa menawarkan berbagai promo, keunggulan, dan juga kemudahan kartu kredit sehingga masyarakat bisa tergiur untuk membuka dan menggunakannya termasuk didalamnya adalah fasilitas tarik tunai.

Terkait dengan fasilitas tarik tunai, anda bisa menggunakan limit tarik tunai kartu kredit agar anda bisa mendapatkan dana segar seperti untuk kebutuhan mendadak atau modal usaha. Dengan fasilitas ini, anda hanya perlu pergi ke mesin ATM dan bisa langsung tarik tunai dengan kartu kredit.

Dengan fasilitas ini maka anda tidak perlu repot lagi untuk pergi ke bank untuk mengajukan pinjaman dengan berbagai macam syarat yang menyulitkan karena dengan tarik tunai maka anda sama saja pinjam uang ke bank namun yang namanya hutang tetap saja harus dikembalikan beserta bunga dan biaya penarikan.

Jika anda tidak bisa bijak menggunakan kartu kredit untuk tarik tunai, disiplin dalam membayar setiap cicilan maka kondisi keuangan anda bisa kacau dan terjerat ke tumpukan hutang. Oleh karena itu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memutuskan tarik tunai dengan kartu kredit.

Hal penting yang perlu diperhatikan sebelum tarik tunai kartu kredit

Jika anda adalah pemegang kartu kredit yang masih memiliki limit kredit utuh maka agar bisa memanfaatkan kartu ini untuk melakukan tarik tunai dalam jumlah yang cukup besar. Adapun tarik tunai kartu kredit ini juga bisa dilakukan melalui ATM tanpa perlu mendatangi kantor bank. Meskipun begitu, anda juga perlu memperhatikan sehingga nantinya tidak akan memberikan pengaruh buruk untuk keuangan anda.

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah memperhatikan jumlah penarikan maksimal 40% dari total limit kartu. Dengan kata lain, masing-masing nasabah memang memiliki limit penarikan berbeda tergantung dengan jenis kartu kredit yang digunakan. Contohnya, jika anda adalah pemegang kartu kredit dengan limit 100 juta maka batas tarik tunai yang anda miliki hanya 40 juta.

Selain itu, hal lain yang perlu diperhatikan adalah adanya biaya tarik tunai kartu kredit. Selain mengetahui apakah tarik tunai kredit bisa dicicil anda juga perlu mengetahui biaya tarik tunai kartu kredit karena setiap penarikan memang memiliki biaya atau beban yang harus ditanggung oleh pemegang kartu.

Adapun besaran biaya tarik tunai kartu kredit adalah 4% atau minimal 40.000 dari total uang yang akan ditarik. Biaya tarik tunai 4% ini sendiri berlaku untuk jenis kartu kredit BCA Visa dan Mastercard baik untuk transaksi yang dilakukan didalam ataupun diluar negri. Perlu anda ketahui juga bahwa dalam penarikan tunai dilakukan melalui ATM.

Cara ini tergolong mudah karena anda tidak perlu membutuhkan waktu lama untuk mendapatkan dana segar dalam jumlah yang diinginkan. Konsep ini berbeda dengan pinjaman bank yang mana kamu harus mengunjungi kantor bank terdekat untuk mengurus pinjaman.

Cara tarik tunai kartu kredit dengan cicilan

 Ketika anda ingin melakukan tarik tunai melalui kartu kredit maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Anda bisa mendatangi gerai ATM bank terdekat anda dan masukkan kartu kredit pada slot yang tersedia. Selanjutnya, masukkan PIN yang anda miliki dan pilih menu transaksi atau pilih nominal tarik tunaik yang ditampilkan pada layar ATM.

Setelah itu, jangan lupa untuk memilih menu kartu kredit lalu klik Ya atau Tidak saat muncul opsi cetak struk. Pada menu Cash Advance lalu pilihlah menu Tunai dan tunggu beberapa saat hingga muncul pilihan nominal tarik tunai kartu atau jumlah lain. Tunggulah hingga uang dan struk transaksi keluar dan transaksi pun selesai.

Bayarlah Bunga saat pelunasan

Perlu anda ketahui bahwa meskipun proses yang dilakukan cukup mudah namun anda juga perlu memperhatikan bahwa pada kredit ini juga memiliki bunga tarik tunai yang tentu harus dibayar saat pelunasan. Selain membayar biaya tarik tunai sebesar 4% maka nasabah juga dibebankan dengan biaya pelunasan.

Bunga yang dibebankan sebesar 2.25% atau sama dengan bunga cicilan kartu kredit. Oleh karena itu, jika anda bertanya apakah tarik tunai kredit bisa dicicil maka sebenarnya tidak bisa karena melakukan tarik tunai kartu kredit memang mirip seperti hutang seperti biasa. Itu artinya, anda harus siap mengembalikan secara keseluruhan sekaligus ditambah dengan biaya penarik dan bunga yang dibebankan.