Select Page

Salah satu peluang usaha yang potensial untuk dijalankan saat ini adalah berjualan mie ayam. Tentunya, kesuksesan dalam usaha ini hanya bisa Anda dapatkan ketika mengetahui bagaimana cara jualan mie ayam agar laris dan sukses.

Modal yang dibutuhkan untuk memulai usaha berjualan mie ayam tidak begitu besar, meskipun tidak juga dikatakan kecil. Untuk memulainya, Anda mesti mempersiapkan modal berkisar 8 juta hingga 10 juta rupiah.

Tapi sebelum memulai usaha tersebut, alangkah baiknya jika Anda memiliki pengetahuan tentang cara berjualan yang tepat. Oleh karena itu, pastikan Anda terlebih dahulu membaca ulasan mengenai cara berjualan mie ayam yang laris dan sukses pada artikel ini

Detail Ulasan Cara Berjualan Mie Ayam Agar Laris dan Sukses

1. Tentukan Lokasi Jualan yang Tepat

Lokasi berjualan mie ayam tidak bisa asal-asalan. Pastikan lokasinya berada di area publik atau area yang banyak dilalui orang. Sebab jika lokasi jualan Anda sepi dan jarang dilalui orang, bagaimana mungkin mereka bisa mengetahui adanya jualan Anda?

Banyak tempat-tempat strategis yang bisa Anda jadikan sebagai lokasi berjualan, misalnya dekat perkantoran, dekat kampus, alun-alun kota, depan perumahan, dan yang semisalnya. Jika dana Anda terbatas, tidak perlu menyewa warung atau ruko. Cukup menyewa tempat di pinggiran untuk meletakkan gerobak jualan mie ayam Anda.

Jika usaha Anda sudah berjalan dan menunjukkan hasil yang memuaskan, barulah Anda bisa menyewa warung atau ruko, atau menyewa lahan kosong untuk membangun warung di atasnya. Tentunya semua itu disesuaikan dengan modal dan kemampuan Anda.

2. Gunakan Bahan Baku yang Berkualitas

Salah satu cara jualan mie ayam agar laris yang perlu diperhatikan adalah penggunaan bahan baku berkualitas untuk membuatnya. Selain rasa yang dihasilkan lebih lezat, mie ayam yang dibuat dari bahan baku berkualitas juga lebih menyehatkan konsumen.

Bayangkan apa yang terjadi jika konsumen merasakan mie ayam jualan Anda tidak enak atau tidak aman untuk dikonsumsi karena terbukti terbuat dari bahan baku yang digunakan kurang bagus? Tentu konsumen akan meninggalkan usaha Anda tersebut. Jika demikian halnya, tentu usaha mie ayam Anda akan bangkrut dan tutup.

3. Tentukan Target Pasarnya

Sebelum mulai menjalankan usaha mie ayam, tentukan target pasar Anda terlebih dahulu. Sebab, nantinya berkaitan dengan penetapan harga jual per porsi dari mie ayam tersebut. Hal ini sangat penting, karena jika harga mie ayam tersebut tidak sesuai dengan kemampuan finansial target pasar, tentu usaha Anda sulit untuk berkembang.

Jika menetapkan target pasar jualan mie ayam Anda dari kalangan mahasiswa misalnya, tentu harga per porsi mie ayam tersebut tidak bisa terlalu mahal. Harganya harus disesuaikan dengan kemampuan finansial mereka.

Di sisi lain, jika Anda menetapkan harga yang terlalu rendah, tentu Anda akan dirugikan. Oleh karena itu, menetapkan target pasar sebelum memulai usaha tersebut sangatlah penting.

4. Pertahankan Citra Rasa

Usaha makanan apapun hanya bisa bertahan jika cita rasa yang ada bisa dipertahankan. Oleh karena itu, pastikan cita rasa mie ayam jualan Anda bisa tetap dipertahankan. Jangan sampai terjadi perubahan pada cita rasa hanya karena usaha mie ayam tersebut mulai laris dan dikenal orang.

Jangan mengikuti kesalahan sebagian pengusaha makanan yang sengaja menurunkan cita rasa makanan jualannya ketika mulai laris hanya karena ingin mendapatkan lebih banyak keuntungan lagi. Sebab jika demikian halnya, lambat laun langganan Anda akan pergi.

5. Melakukan Promosi yang Tepat

Salah satu tips agar usaha jualan mie ayam yang Anda kelola bisa laris dan meraih kesuksesan, pastikan untuk melakukan promosi yang tepat. Sebab jika usaha yang Anda jalankan belum dikenal orang, tentu cara mereka bisa mengenalnya melalui promos yang dilakukan.

Dalam hal ini Anda bisa memaksimalkan promosi secara online dan offline. Untuk detail kedua bentuk promosi tersebut, akan saya ulas secara tersendiri di bagian akhir artikel ini.  

Potensi Berjualan Mia Ayam Keliling

Salah satu cara jualan mie ayam agar laris dan sukses yang patut Anda coba adalah dengan berjualan keliling. Caranya adalah dengan menggunakan gerobak yang didorong, gerobak yang diletakkan di atas motor, atau mobil yang dijadikan tempat berjualan.

Potensi kesuksesan berjualan mie ayam keliling sangat besar. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya pelaku usaha jualan mie ayam dengan berkeliling yang berhasil meraih kesuksesan. Sebab dengan berkeliling, Anda langsung mendatangi calon pembeli dan menawarkannya kepada mereka.

Saat ini sudah banyak orang yang malas keluar rumah hanya untuk berbelanja keperluan mereka, termasuk makanan. Oleh karena itu, mereka senang sekali jika ada penjual keliling yang masuk ke kompleks atau lokasi tempat tinggal mereka.

Agar jualan Anda laris, perhatikanlah waktu-waktu yang tepat untuk berjualan mie ayam keliling. Umumnya orang-orang berbelanja mie ayam di waktu sore. Selain itu, hanya di sore hari saja orang-orang secara mulai berkumpul di rumah atau di kompleks karena sudah pulang dari kerja, sekolah, maupun kuliah.

Tentu hasil yang akan didapatkan dari berjualan mie ayam keliling tidak secara instan. Butuh kesabaran dan sikap pantang menyerah dalam menjalankannya. Jika orang-orang sudah merasakan kelezatan mie ayam jualan Anda, lambat laun mereka akan menjadi pelanggan tetap.

Promosikan Jualan Mie Ayam Secara Offline dan Online

Telah disinggung sebelumnya di atas bahwa salah satu cara jualan mie ayam agar laris dan sukses adalah dengan memaksimalkan promosi secara offline dan online. Dengan mengombinasikan kedua bentuk promosi tersebut, peluang kesuksesan usaha tersebut semakin besar.

Bentuk-bentuk Promosi Offline

Banyak bentuk promosi offline yang bisa Anda lakukan.  Selain berjualan keliling atau tinggal di lokasi tertentu, Anda juga bisa membuat brosur yang dibagi-bagikan kepada orang-orang yang lewat di depan lokasi usaha Anda.

Buatlah brosur semenarik mungkin. Caranya, masukkan beberapa foto mie ayam jualan Anda, detail harga, serta kalimat-kalimat promosi yang mengungkapkan keunggulan dari mie ayam jualan Anda tersebut.

Selain menggunakan brosur, Anda juga bisa membuat spanduk yang dipasang di titik-titik tertentu yang strategis. Bila perlu, adakan promo untuk memperkenalkan citra rasa mie ayam jualan Anda. Jika orang-orang yang pernah mencicipi mie ayam tersebut mengakui kelezatannya, tentu mereka akan menyampaikan kepada orang lain. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan banyak pelanggan.

Bentuk-bentuk Promosi Online

Saat ini banyak sekali bentuk-bentuk promosi online yang bisa dilakukan untuk memasarkan jualan mie ayam Anda. Salah satu contohnya adalah dengan menawarkan dan mempromosikannya melalui social media yang Anda aktif selama ini.

Facebook merupakan salah satu social media terbaik yang bisa Anda manfaatkan untuk berpromosi. Selain bisa menawarkan melalui beranda akun Facebook, Anda juga bisa menawarkannya di Market Place maupun di grup-grup Facebook.

Selain Facebook, tentu saja masih ada beberapa social media lainnya yang bisa Anda gunakan sebagai sarana promosi, di antaranya adalah Instagram, Twitter, Whatsapp, dan yang lainnya.

Selain menggunakan social media, Anda juga bisa mempromosikan mie ayam tersebut dengan membuat website khusus untuk pemasaran atau membuka lapak di berbagai market place yang ada saat ini.

Demikianlah informasi cara jualan mie ayam agar laris dan sukses pada postingan kali ini. Bagi Anda yang ingin mencoba berjualan mie ayam, pastikan untuk menerapkan cara-cara yang telah disebutkan pada ulasan di atas.

%d bloggers like this: