Select Page

Teknologi di dunia perbankan memang berkembang pesat. Berbagai layanan sudah tersedia, salah satunya adalah SMS Banking. Pada kesempatan kali ini akan dibahas bagaimana cara cek saldo BRI lewat SMS Telkomsel. Jadi, silakan simak hingga selesai.

Fitur dan Kelebihan SMS Banking

Bank BRI memang memiliki berbagai layanan seperti i-Banking, m-Banking, dan lain-lain. Dibandingkan semua layanan tersebut, SMS banking dianggap mempunyai berbagai kelebihan karena fitur-fitur lengkap serta praktis. Lalu, apa saja kelebihan tersebut?

1. Cek informasi saldo

Hal pertama yang bisa dilakukan adalah mengecek jumlah saldo. Pastikan Anda sudah mendaftar layanan ini terlebih dahulu ke bank sebelum menggunakannya. Untuk melakukan cek saldo, pengguna cukup mengirimkan SMS dengan format tertentu ke nomor layanan SMS Banking.

2. Transfer dan pembayaran tagihan

Selain mengecek saldo, pengguna juga bisa melakukan transfer baik sesama BRI maupun ke bank lain. Cara ini dinilai lebih praktis jika dibandingkan harus mengecek di ATM. Berbagai jenis pembayaran tagihan juga bisa dilakukan seperti membayar listrik, PDAM, tiket kereta api, dan lain-lain.

3. Notifikasi SMS

Hal yang paling menarik dari layanan SMS Banking BRI adalah bisa mendapatkan SMS notifikasi ketika terjadi transaksi. Sebagai contoh, apabila Anda menerima transfer dari nomor rekening tertentu, maka SMS pemberitahuan akan dikirimkan ke nomor Anda.

Cara ini cukup praktis karena tidak perlu bolak-balik mengecek di aplikasi maupun mesin ATM terdekat hanya untuk konfirmasi apakah transfer sudah berhasil atau belum. Hanya saja, untuk mendapatkan SMS pengguna dibebani sejumlah biaya tertentu.

4. Mendukung semua SIM Card

Ada banyak sekali provider di Indonesia. Kabar baiknya, semua itu bisa digunakan untuk mendaftar SMS banking. Jadi, apapun SIM Card Anda saat ini, semuanya tetap dapat digunakan. Tentu saja ini akan memudahkan pengguna dalam mengakses layanan tersebut.

Kekurangan SMS Banking

Terlepas dari kelebihan di atas, tentu saja setiap layanan pasti memiliki kekurangan. Pertama dan mungkin yang akan paling terasa adalah penggunaan pulsa. Artinya, Anda harus selalu menyediakan pulsa agar layanan bisa dinikmati.

Jika hanya untuk aktivitas jarang-jarang mungkin tidak akan menjadi masalah. Akan tetapi, jika Anda melakukan banyak transaksi dalam satu hari, tentu saja biaya SMS yang dibutuhkan juga akan semakin banyak sehingga pengeluaran akan terpengaruh.

Selain itu, dari sisi keamanan, menggunakan SMS banking cenderung rawan penyadapan. Bahkan, beberapa operator seluler telah memiliki metode tertentu untuk menyadap SMS seperti copy SMS atau forwarding.

Cara Mendaftar Layanan SMS Banking BRI

Ada dua cara untuk mendaftar layanan SMS banking, yakni melalui ATM atau datang ke bank langsung. Untuk lebih jelasnya, silakan simak cara di bawah ini.

1. Melalui ATM

Jika ingin mendaftar melalui ATM, ikuti langkah-langkah berikut.

  • Kunjungi ATM BRI terdekat
  • Masukkan kartu ATM
  • Masukkan 6 digit PIN
  • Pilih Transaksi Lain
  • Klik Registrasi
  • Klik SMS Banking
  • Masukkan nomor Telkomsel
  • Buat PIN SMS Banking
  • Selesai

2. Melalui kantor cabang

Cara ini cenderung lebih mudah dilakukan karena Anda akan langsung dipandu oleh petugas. Silakan datang ke kantor cabang terdekat, kemudian ambil nomor antre Customer Service. Setelah itu, sampaikan bahwa Anda ingin mendaftar layanan SMS banking. Ikuti instruksi yang diberikan oleh petugas hingga selesai.

Namun, pastikan Anda sudah membawa dokumen pendukung. Beberapa dokumen yang perlu dipersiapkan antara lain fotokopi KTP, fotokopi kartu ATM, nomor Telkomsel, serta buku tabungan (opsional).

Cara Cek Saldo BRI Lewat SMS Telkomsel

Pada kali ini, akan dibahas bagaimana mengecek saldo menggunakan SMS dari provider Telkomsel. Sebenarnya cara ini juga dapat diterapkan pada provider lain, hanya saja mungkin akan terdapat sedikit perbedaan tergantung kebijakan masing-masing.

Sebelum itu, pastikan Anda sudah mendaftar layanan SMS Banking BRI terlebih dahulu menggunakan nomor Telkomsel agar bisa melakukan langkah-langkah berikut. Mengenai cara pendaftaran bisa dilihat di bagian sebelumnya.

  • Aktifkan kartu Telkomsel di ponsel
  • Buka menu Pesan SMS
  • Kirim pesan dengan format SALDO <spasi> Pin Banking
  • Kirim ke 3300
  • Contoh: SALDO 149056, lalu kirim ke 3300
  • Selesai

Setelah mengirimkan pesan tersebut, biasanya akan ada balasan dari BRI berupa informasi tentang jumlah saldo saat ini. Sebagai catatan, setiap penerimaan SMS maka pulsa akan dipotong sesuai kebijakan Telkomsel yang berlaku.

Baca Juga : Cara Transfer Bank Nobu dengan Mudah

Tarif SMS Banking untuk Kartu Telkomsel

Lalu, berapa tarif SMS yang harus dikeluarkan untuk kartu Telkomsel? Biaya ini tergantung dari jenis kartu yang dimiliki. Sebagai contoh, kartu Simpati menetapkan biaya kirim Rp350,00 dan biaya terima Rp500,00. Kemudian, kartu As menetapkan biaya kirim Rp300,00 dan biaya terima Rp550,00.

Sementara itu, kartu Halo cenderung lebih murah, yakni biaya kirim Rp250,00 dan biaya terima Rp500,00. Angka tersebut bisa berubah-ubah sesuai kebijakan masing-masing provider. Jadi, dengan pulsa Rp10.000,00 Anda sudah dapat melakukan cukup banyak transaksi.

Itulah tadi cara cek saldo BRI lewat SMS Telkomsel dengan mudah. Pada intinya, apakah ingin menggunakan layanan SMS Banking atau tidak, itu semua tergantung dari masing-masing nasabah.