Ikuti Kelas Jualan dan Dropshipping Shopee dan Raih Jutaan Rupiah Setiap Bulannya. DISKON 50% DENGAN KODE PROMO MUTAEASY.COM 

Makanan ringan menjadi salah satu bisnis yang tidak boleh ketinggalan di rumah. Minat masyarakat yang tinggi akan jenis makanan satu ini membuka peluang baru berupa bisnis snack kiloan. Berbagai variasi camilan, rasa, hingga ukuran memberikan opsi kepada konsumen untuk memilih. Pastikan selalu mengutamakan rasa, higienis, dan kepuasan pelanggan.

Bagaimana Cara Memulai Usaha Camilan?

Usaha satu ini populer beberapa tahun belakang. Banyak penjual menjualnya secara online dengan pilihan jenis menggiurkan. Jika Anda tertarik dengan bisnis camilan tersebut, maka ikuti beberapa cara untuk memulainya seperti di bawah.

Pilih Jenis Snack

Ada banyak sekali jenis snack di pasaran, mulai dari rasa manis hingga pedas. Beberapa opsi paling populer antara lain, basreng, kerupuk kulit, kripik kaca, stik keju, kripik singkong, dan masih banyak lagi camilan kering lainnya. Datang ke supplier/toko besar untuk memilih serta mencicipi. Paling tidak, pilih opsi sebanyak 3 jenis untuk dijadikan list.

 Pilih Supplier Terpercaya

Supplier dengan kualitas produk baik serta dijamin keamanan bahan dan kehigienisannya harus menjadi prioritas Anda. Lakukan survei langsung ke lokasi dan cicipi rasanya. Nilai kebersihan bungkus serta tempat tersebut. Setelah itu, pastikan harga yang didapatkan bersaing dengan lainnya. Jangan mudah tergiur harga murah, tetapi kualitas buruk. Kepuasan dan kesehatan pelanggan tetap nomor satu.

Buat Brand Menarik

Setelah menentukan jenis camilan dan menemukan supplier terpercaya, maka buat brand sendiri dengan keunikan. Buat nama merk beserta logo dimana berbeda dari lainnya. Buat ciri khas Anda sendiri. Jika memungkinkan, gunakan jasa pembuatan logo brand profesional. Kemudian, cetak menjadi stiker untuk ditempel di kemasan.

Banderol dengan Harga Sesuai Pasar dan Lakukan Promosi

Dalam menentukan harga pastikan melihat pasar. Jangan terlalu mahal atau terlalu murah. Ambil tengah-tengahnya. Pasarkan dagangan Anda melalui media sosial dimana menjadi platform paling mudah menarik perhatian pelanggan. Bisa juga menerapkan strategi promo, kupon, cashback, hadiah, dan lainnya sebagai upaya menarik hati calon pembeli.

Berapa Besarnya Modal yang Diperlukan?

Untuk Anda yang tertarik dengan bisnis camilan ini, maka bisa mencobanya. Lalu kira-kira berapa besarnya modal yang diperlukan? Sebagai gambaran umum, usaha tersebut biasanya membutuhkan modal sekitar 1-2 jutaan. Itu semua tergantung jenis snack, kualitasnya, supplier, kebutuhan pengemasan, promosi, dan lainnya.

Jika modal tersebut terbilang besar, bagi pemula bisa memulai dengan modal sekitar ratusan ribu saja. Dengan demikian, dapat memilih satu jenis makanan ringan dulu. Kemudian, memaksimalkan pemasaran hingga memperoleh pendapatan besar untuk menjadi modal berikutnya.

Apa Strategi Supaya Laris Manis?

Menjual snack kiloan sudah banyak dilakukan. Dengan begitu, bagaimana cara supaya mendapatkan pelanggan atau pembeli setia? Simak kiat-kiatnya seperti di bawah.

Melakukan Strategi Promosi Secara Rutin

Dalam rangka menarik perhatian para calon pembeli, penting membuat konten yang unik. Tonjolkan kelebihan produk jualan Anda daripada lainnya, seperti menggunakan bahan tanpa pengawet, dijamin higienis, jaminan rasa enak. Rajin upload konten, berupa foto atau video di berbagai media sosial. Selain itu, bangun hubungan bagus melalui komunikasi dengan konsumen.

Jual Melalui Berbagai Marketplace

Untuk mendapatkan pelanggan lebih besar, jual produk camilan Anda melalui berbagai marketplace, seperti online shop maupun website. Dengan demikian, calon pembeli dari luar daerah bisa membeli dan senang terlebih jika memberikan gratis ongkir.

Buat Packing Menarik

Salah satu cara memberikan keunikan pada brand sendiri dari lainnya adalah bagian packing. Anda bisa menggunakan jenis pengemasan menarik dan pastinya aman sampai ke tujuan nantinya. Berikan juga hal-hal unik semacam kartu ucapan terimakasih. Dengan begitu, pembeli merasa istimewa sehingga tidak ragu membeli lagi.

Berikan Promo

Mendapatkan calon konsumen bisa juga dilakukan dengan memberikan promo atau potongan harga. Gunakan strategi tepat, seperti dapatkan harga diskon dengan membeli minimal beberapa jenis produk. Selain itu, juga dapat memberi kupon dimana bisa ditukarkan dengan pembelian sebanyak 5-10 kali untuk produk tertentu.  Anda juga bisa mengadakan giveaway untuk semakin meramaikan.

Rekomendasi Snack untuk Dijual Kiloan

Beberapa orang tidak puas hanya makan camilan dengan jumlah sedikit. Maka, opsi kiloan banyak dipilih masyarakat. Berikut rekomendasi snack paling favorit untuk jadi ide jualan Anda.

Keju Ball

Bola-bola keju tidak pernah membuat penyukanya bosan. Bentuknya bola kecil sangat pas dimakan dalam satu suapan sembari menonton.

Choco Shoes

Snack manis kesukaan semua orang, choco shoes bisa jadi ide jualan menguntungkan. Pastikan memilih produk berkualitas.

Basreng

Bagi pecinta makanan gurih, basreng bisa menjadi opsi. Berikan pilihan level pedas supaya menarik.

Ring Snack

Camilan berbentuk cincin ini mempunyai banyak rasa, seperti keju, balado, jagung bakar, dan lainnya.

Baca Juga : Alasan Admin Online Shop Menjadi Pekerjaan Yang Sangat Menguntungkan Saat Ini

Itu dia informasi tentang bisnis snack kiloan dengan keuntungan menjanjikan. Pilih supplier berkualitas yang mengedepankan rasa dan bahan tanpa pengawet.