Ikuti Kelas Jualan dan Dropshipping Shopee dan Raih Jutaan Rupiah Setiap Bulannya. DISKON 50% DENGAN KODE PROMO MUTAEASY.COM 

Usaha yang cukup populer di tengah era digital ini salah satunya adalah bisnis dropship. Singkatnya, Anda menjadi penjual produk-produk tertentu tanpa harus menyetoknya. Lalu darimana memperoleh barang tersebut? Barang akan didapatkan melalui produsen atau supplier. Dropshipper bebas menentukan harga jual dan nama brand sendiri.

Mengenal Lebih Jauh Apa Itu Dropship?

Dropship merupakan model bisnis dimana penjual akan menjual barang dari supplier kepada pembeli. Sebagai dropshipper, tidak perlu menyetok barang. Jika pembeli membeli, maka Anda bisa langsung memesan kepada penyetok tersebut. Setelah itu, mengirimkannya dengan menggunakan nama toko/brand sendiri.

Jenis bisnis satu ini berbeda dengan reseller. Dalam hal ini, penjual tidak perlu menyetok barang sehingga tidak membutuhkan modal besar. Peluang usaha tersebut sangat bagus. Ada berbagai jenis bisnis yang dapat dipilih sesuai minat.

Ide Usaha Dropship

Menjalankan usaha, kini tidak perlu khawatir jika tidak mempunyai modal banyak. Cukup dengan mengandalkan skill promosi saja, Anda bisa mendapatkan uang secara mudah. Selain itu, waktu fleksibel membuat bisnis dropship dapat dilakukan kapan dan dimana saja. Pilih beberapa ide usaha jadi dropshipper seperti di bawah ini.

Skincare dan Kosmetik

Memilih jenis produk untuk dijual harus memperhatikan apa yang sedang menjadi trend saat ini. Jika Anda mempunyai passion dan ketertarikan di bidang kecantikan, bisa mencoba produk skincare dan kosmetik. Munculnya brand perawatan kulit serta make up dari lokal dapat dimanfaatkan untuk mempromosikan brand lokal tersebut.

Pakaian

Salah satu barang yang tidak pernah lekang oleh waktu adalah pakaian. Tentukan target pasar Anda, seperti kalangan anak muda, bayi/newborn, ibu-ibu, hijab/muslimah, dan masih banyak lagi. Dengan menentukan target secara spesifik, maka bisa menentukan strategi pemasaran terbaik melalui berbagai media. Selain itu, Anda juga lebih mengenal calon konsumen lebih baik.

Makanan atau Cemilan Sehat

Hal yang menjadi trend juga di beberapa tahun belakangan ini adalah makanan sehat. Gaya hidup sehat menjadi hal paling sulit dilakukan di era modern seperti sekarang. Jika mempunyai minat di bidang tersebut, maka bisa menjadi dropshipper dari toko makanan atau cemilan sehat terpercaya. Jangan lupa menentukan target pasar secara tepat supaya dapat keuntungan maksimal.

Cara Menjadi Dropshipper

Sebagai pemula dalam dunia bisnis satu ini, tentu akan kebingungan bagaimana langkah memulainya. Anda bisa mencoba mengikuti cara di bawah dalam memulai usaha dropship.

Tentukan Jenis Produk untuk Dijual

Hal pertama dimana sangat penting dipertimbangkan adalah jenis produk. Seperti pada opsi ide sebelumnya, pilih barang untuk dijual sesuai minat atau keinginan. Akan sangat baik apabila menguasai tentang keunggulan, cara pakai, cara simpan, dan sebagainya dari produk tersebut. Dengan begitu, bisa mempromosikan sekaligus membangun komunikasi baik dengan calon konsumen.

Pilih Supplier Terpercaya

Langkah selanjutnya adalah menentukan supplier. Ini adalah proses yang tidak mudah namun juga tidak sulit. Pastikan penyetok produk sudah terpercaya di bidangnya dimana dapat dilihat dari review pelanggan sebelumnya. Selain itu, pastikan mempunyai layanan terbaik, seperti mempunyai sejenis peraturan berisi pengembalian barang, metode pembayaran, jenis ekspedisi, dan lainnya.

Pilih Tempat Berjualan

Marketplace menjadi tempat berjualan paling populer dan ramai penjual serta pembelinya. Ada banyak sekali opsinya, mulai dari website hingga aplikasi toko online. Pilih tempat menjual sesuai keinginan. Semakin beragam, semakin bagus asalkan memberikan update serta promosi secara maksimal. Anda juga bisa melihat apa yang lebih banyak digunakan dari target pasar.

Buat Brand Sendiri dan Aktif Promosi

Jika sudah menentukan supplier, maka Anda bisa membuat brand. Supaya menarik gunakan kombinasi nama unik serta buat logo kreatif dimana berbeda dari lainnya serta mudah diingat. Pahami konsep Digital Marketing sebagai langkah promosi secara online. Gunakan platform populer seperti media sosial, iklan di website, Youtube, dan lain sebagainya.

Apa Keuntungan Menjadi Dropshipper?

Bisnis menjadi dropshipper banyak dilakukan mulai anak sekolah, kuliah, ibu rumah tangga, bahkan pekerja kantoran untuk mendapatkan uang tambahan. Ada banyak keuntungan bisa diperoleh seperti berikut.

Fleksibel

Dalam menjual produk-produk tidak terikat oleh waktu sehingga Anda bisa menjualnya kapan dan dimana saja. Hanya dengan menggunakan smartphone dan jaringan internet, maka bisnis akan berjalan secara lancar.

Tidak Butuh Modal Besar

Menjalankan usaha satu ini, tidak perlu membutuhkan modal besar. Barang, kebutuhan packing, menghitung biaya pengiriman, dan sebagainya bukan menjadi urusan Anda. Semuanya sudah diatur oleh supplier. Dropshipper hanya perlu meneruskan pemesanan serta melakukan promosi untuk dapatkan pembeli lebih banyak.

Pilihan Produk Beragam

Keunggulan selanjutnya adalah bisa memilih produk yang beragam. Anda dapat menentukan barang sesuai keinginan, mulai dari pakaian, sepatu, kosmetik, skincare, tas, keperluan rumah tangga, makanan dan minuman, dan masih banyak lagi.

Baca Juga : Ingin Membuka Bisnis Buket Bunga? Pelajari Dulu Hal-Hal Penting Ini

Itu dia informasi tentang bisnis dropship dimana mempunyai keuntungan dan kemudahan tersendiri. Kuncinya adalah memilih supplier terpercaya dan menerapkan strategi promosi bagus.