Select Page

Informasi ATM BCA terdekat dari lokasi saya sekarang biasanya dibutuhkan sewaktu-waktu saat dalam perjalanan. Untuk itu, Anda harus mengetahui cara mencarinya.

Umumnya, info ini diperlukan saat Anda harus mentransfer sejumlah dana ke rekening tertentu saat sedang bepergian. Atau, mau menarik dana untuk uang saku selama dalam perjalanan tersebut.

Untuk mentransfer, sebenarnya masih ada metode lain yang bisa Anda lakukan. Misalnya menggunakan layanan internet banking. Hanya saja, metode ini tidak bisa dilakukan saat sudah masuk jam offline BCA.

Bila demikian yang terjadi, maka mengirimkan dana via ATM merupakan solusi yang tepat karena mesin ATM biasanya online selama 24 jam.

Nah, jika Anda saat ini membutuhkan info lokasi mesin Anjungan Tunai Mandiri terdekat, kami akan membahas cara mudah mencari lokasinya. Selamat menyimak.

Lokasi umum ATM BCA

Sebelum membahas lebih detail tentang cara mencari mesin ATM-nya, perlu Anda ketahui bahwa ada titik-titik lokasi tertentu yang biasanya digunakan sebagai tempat mesin Anjungan Tunai Mandiri. Berikut ini beberapa titik lokasinya:

1. Minimarket

Mesin ATM biasanya diletakkan di minimarket. Misalnya Indomaret, Alfamart, atau yang lainnya. Jenis mesinnya pun beragam. Ada yang khusus untuk menarik uang saja, ada pula mesin setor tarik yang bisa digunakan untuk menabung atau menyetorkan uang.

Untuk mengetahui apakah di minimarket ada mesin ATM atau tidak, Anda tinggal memperhatikan bagian depan minimarketnya. Kalau ada, biasanya akan ada info berupa neon box di sekitar minimarket tersebut.

Lokasi ATM-nya bisa jadi di dalam minimarket atau ada juga yang di samping atau di depannya. Yang jelas, secara sekilas masih menjadi bagian dari minimarketnya.

2. Kampus

Untuk kampus-kampus besar yang bekerja sama dengan BCA dalam hal pembayaran SPP, biasanya mereka punya ATM sendiri di dalam kampus tersebut.

Kalau lokasi ATM-nya agak masuk ke dalam kampus, maka mungkin akan sulit untuk mendapatkannya. Kecuali, lokasinya dekat jalan raya. Maka Anda baru akan bisa memanfaatkan mesin tersebut.

3. SPBU

SPBU atau pom bensin yang lokasinya dekat dengan titik keramaian biasanya juga menjadi tempat untuk meletakkan mesin ATM.

Umumnya, SPBU besar menyediakan ATM center dan BCA menjadi salah satu bank yang bekerja sama. Kondisi lainnya, mesinnya diletakkan dekat dengan tempat jualan snack yang ada di SPBU tersebut.

4. Kantor cabang bank BCA

Setiap kantor cabang selalu dilengkapi dengan mesin ATM. Ada juga yang dilengkapi dengan mesin setor tunai BCA.

Nah, selama Anda bisa menemukan kantor cabang BCA, maka artinya mencairkan uang dari Anjungan Tunai Mandiri ini juga tidak akan sulit.

Cara mencari ATM BCA terdekat dari lokasi saya sekarang yang online 24 jam

Cara mencari ATM BCA terdekat dari lokasi saya sekarang yang online 24 jam

Berikut ini beberapa opsi cara yang dapat Anda lakukan untuk menemukan mesin ATM yang aktif 24 jam:

1. Memanfaatkan browser dan layanan GPS di HP

Cara pertama ini tergolong sangat mudah. Anda tinggal membuka HP kemudian mengaktifkan layanan lokasi atau GPS yang ada di smartphone tersebut.

Jika sudah aktif, sekarang saatnya membuka browser yang ada di HP. Misalnya Google Chrome (disarankan). Setelah terbuka, silakan ikuti langkah di bawah ini:

  • Masukkan kata kunci “ATM BCA Terdekat dari Lokasi Saya Sekarang” pada mesin pencari.
  • Tunggu hasil yang keluar.
  • Apabila ada notifikasi yang masuk tentang izin Google untuk menggunakan lokasi Anda saat ini, maka silakan disetujui dulu.
  • Selanjutnya, Anda akan melihat beragam pilihan daftar kantor cabang BCA terdekat, lengkap dengan ATM-nya.

Selanjutnya, silakan pilih yang paling dekat dengan posisi Anda saat ini.

2. Mencari ATM BCA terdekat lewat Google Maps

Sama dengan cara pertama, cara ini juga sangat mudah, cepat, dan hasilnya detail. Anda tinggal memanfaatkan aplikasi Google Maps yang ada di HP. Berikut ini cara selengkapnya:

  • Buka aplikasi Maps yang ada di HP.
  • Pada kolom “Cari di sini” masukkan kata kunci “ATM BCA terdekat”.
  • Akan muncul hasil pencarian secara rinci.
  • Silakan klik pada salah satu hasil yang sesuai.
  • Klik Rute jika ingin langsung menuju ke lokasinya sekarang.

Setelah klik rute, Anda akan langsung diarahkan ke lokasi. Menariknya, di sini tersedia informasi mengenai rute dan estimasi waktu yang dibutuhkan untuk menuju lokasinya. Tinggal disesuaikan saja pakai armada apa. Apakah mobil, motor, atau jalan kaki.

Sebagai catatan, selain menampilkan hasil pencarian ATM BCA biasanya cara kedua ini juga menampilkan ATM-ATM lain yang lokasinya dekat. Bisa BRI, Bank Jateng, Mandiri, atau yang lainnya.

Selain itu, hasilnya juga tidak dijelaskan setor tunai, tarik tunai, atau keduanya. Maka dari itu, Anda perlu mengecek secara rinci hasil pencariannya.

3. ATM BCA setor tunai terdekat

ATM BCA setor tunai terdekat

Jika dua cara di atas menunjukkan hasil secara umum baik itu setor tunai maupun tarik tunai, maka cara ketiga ini bisa dilakukan dengan hasil yang lebih rinci. Berikut ini langkah mudahnya:

  • Silakan buka browser yang ada di HP atau laptop.
  • Kunjungi https://www.bca.co.id/id/lokasi-bca.
  • Jika sudah, silakan klik ikon pencarian.
  • Masukkan lokasi Anda pada kolom pencarian.
  • Tekan enter untuk mengetahui hasil mesin ATM terdekat.
  • Jika ingin hasilnya lebih detail, silakan klik Layanan.
  • Selanjutnya akan muncul pilihan tarik tunai dan setor tunai. Centang salah satu opsi tersebut sesuai kebutuhan. Anda juga bisa langsung memilih keduanya.
  • Klik Terapkan.
  • Tunggu sebentar sampai hasilnya keluar.

Jika sudah keluar, silakan pilih salah satu yang paling sesuai. Jika Anda mau menyetorkan uang, maka pastikan untuk mengetahui cara setor tunai di ATM BCA agar lebih aman.

Sebagai catatan, saat ada notifikasi dari Google untuk mengakses lokasi Anda, berikanlah izinnya.

4. Mendapatkan info langsung dari akun resmi bank BCA via messenger

Mendapatkan info langsung dari akun resmi bank BCA via messenger

Jika Anda pengguna aktif sosial media, maka untuk mengetahui posisi ATM BCA juga bisa dilakukan via messenger Facebook. Apabila Anda belum mengetahui caranya, berikut ini kami sampaikan langkah-langkah mudahnya:

  • Aktifkan dulu GPS atau layanan lokasi yang ada di smartphone.
  • Buka aplikasi messenger yang ada di HP.
  • Pada kolom pencarian, masukkan kata kunci “BCA”.
  • Salah satu hasil pencarian tersebut adalah “Bank BCA”. Silakan klik sebab ini merupakan akun resmi dari Bank Central Asia. Pastikan bahwa akun yang diklik sudah benar. Hal ini ditandai dengan adanya info bahwa akun tersebut merupakan akun resmi dari bank BCA.
  • Jika sudah, silakan lanjutkan dengan ketuk Mulai. Dengan melanjutkan, pihak bank akan dapat mengakses informasi publik dari akun media sosial Anda.
  • Ketik Lokasi ATM, kemudian kirim.
  • VIRA akan segera membalas dengan memberikan opsi jenis ATM yang diinginkan. Mulai dari semua ATM, tunai, setor tarik, dan tanpa kartu. Silakan pilih yang paling sesuai dengan kebutuhan.
  • Silakan kirimkan lokasi. Jika sudah ada opsi Kirim Lokasi, silakan ketuk langsung.
  • Jika belum, silakan ketuk menu di chat tersebut, pilih lokasi. Lanjutkan terus sampai lokasinya terkirim. Biasanya langkah ini perlu dilakukan saat Anda belum memberikan akses lokasi ke messenger.
  • Pastikan Anda mengirimkan Lokasi Saat Ini.
  • VIRA akan segera merespons. Untuk memperjelas informasi, Anda tinggal klik View Map.

Sekarang, Anda bisa mencari dan mengunjungi ATM BCA terdekat yang online 24 jam serta bertransaksi secara aman.

Sumber:

Bca.co.id. https://www.bca.co.id/id/lokasi-bca