Select Page

Ingin gadai laptop tanpa kwitansi di pegadaian? Tapi takut ditolak? Jangan pesimis mencari pegadaian laptop lain sebelum mengetahui syarat dan mencobanya. Pegadaian tidak serta merta menolaknya. Kwitansi yang hilang memang menjadi hal yang sangat lumrah ketika Anda memiliki barang. Sebagian besar tidak peduli dengan struk pembelian, jadi jarang disimpan dengan benar.

Tapi kwitansi itu sebenarnya penting. Kwitansi suatu saat bisa digunakan kembali saat Anda ingin menggadaikan atau menjual kembali laptop tersebut. Karena pegadaian sering menerapkan ketentuan kwitansi pembelian atau penjualan, calon pembeli akan meminta kwitansi pembelian terlebih dahulu. Setiap kali kita membeli suatu barang, kita pasti akan menerima struk pembelian untuk barang tersebut.

Begitu pula saat kita membeli laptop dari toko, kita juga harus mendapatkan struk / kwitansi dari penjualnya. Kwitansi ini sangat penting dan harus disimpan. Karena kuitansi merupakan bukti penerimaan sejumlah uang yang ditandatangani oleh penerima atau penjual, kemudian diberikan kepada pemberi atau pembeli barang. Dapat dikatakan bahwa kwitansi merupakan bukti transaksi antara dua pihak.

Apakah Bisa Gadai Laptop Tanpa Kwitansi Di Pegadaian?

Untuk pertanyaan apakah bisa menggadaikan laptop di pegadaian tanpa kwitansi pembelian, jawabannya adalah bisa. Namun, bagi Anda yang ingin menggadaikan laptop tanpa kwitansi, sebaiknya pahami dulu beberapa persyaratannya terlebih dahulu.

Gunakan KCA Untuk Gadai Laptop

Kredit Cepat Aman (KCA) adalah pinjaman hipotek yang diberikan kepada semua kelompok pelanggan untuk kebutuhan konsumsi dan produksi. KCA adalah solusi terpercaya untuk pinjam uang dengan mudah, cepat dan aman. Untuk mendapatkan kredit, nasabah hanya perlu memberikan jaminan berupa emas perhiasan, emas batangan, mobil, motor, laptop, handphone dan barang elektronik lainnya. Keunggulannya yaitu:

  • Layanan KCA tersedia di lebih dari 4.400 toko Pegadaian di seluruh Indonesia.
  • Prosedur aplikasi sangat sederhana. Calon nasabah atau debitur cukup membawa agunan berupa perhiasan emas dan barang berharga lainnya ke outlet Pegadaian.
  • Prosedur pinjaman sangat cepat, hanya membutuhkan waktu 15 menit.
  • Pinjaman mulai dari Rp 50.000 sampai dengan Rp 500.000.000 atau lebih.
  • Jangka waktu pinjaman maksimal adalah 4 bulan atau 120 hari dan dapat diperpanjang hanya dengan membayar sewa atau melunasi sebagian pinjaman.
  • Pembayaran dapat dilakukan kapan saja.
  • Tidak perlu membuka rekening dengan perhitungan sewa untuk jangka waktu pinjaman.
  • Nasabah dapat meminjam uang tunai.

Syarat Gadai Laptop di Pegadaian

Beberapa persyaratan dibutuhkan ketika kita pergi untuk menggadaikan laptop di kantor pegadaian, yaitu:

  • Salinan Kartu Tanda Penduduk
  • Mengisi formulir
  • Laptop yang akan digadaikan.

Sebagai catatan, laptop yang akan digadaikan harus dalam kondisi baik, lengkap dengan laptop, charger, tas jinjing, dan bukti pembelian. Kwitansi pembelian digunakan untuk memperkirakan harga gadai. Seringkali, tanpa kuitansi, penaksir akan bingung ketika memberikan harga gadai.

Pastikan juga laptop yang Anda miliki bukanlah laptop jadul, jika memungkinkan laptop yang dirilis dalam 13 tahun terakhir dengan estimasi yang tinggi. Jadi, apakah mungkin gadai laptop tanpa kwitansi di pegadaian? Tentu saja bisa, tetapi perkiraan harganya rendah.

Cara Gadai Laptop

  1. Membaca syarat dan ketentuan

Sebelum meminta gadai laptop ke pegadaian, Anda harus mengetahui terlebih dahulu syarat dan ketentuan yang berlaku di pegadaian. Biasanya, beberapa pegadaian meminta kwitansi, tetapi yang lain tidak. Carilah pegadaian yang bisa memenuhi semua persyaratan dan tentunya tanpa kwitansi.

  1. Siapkan dokumen yang diperlukan. 

Setelah memeriksa syarat dan ketentuan, siapkan dokumen yang diperlukan. Biasanya setiap pegadaian akan meminta KTP atau SIM sebagai bukti identitas peminjam. Hal ini berguna untuk memastikan bahwa peminjam tidak di bawah umur.

  1. Membawa laptop ke pegadaian

Setelah melengkapi dokumen yang diperlukan, bawa semua dokumen yang dibutuhkan dan laptop Anda ke pegadaian. Jika kwitansi hilang atau mungkin rusak, Anda dapat menggunakan laptop yang ingin Anda gadaikan untuk melakukan penafsiran harga. Perkiraan harga ini berguna untuk mengetahui berapa banyak yang bisa dipinjam dengan menggunakan jaminan laptop tersebut.

  1. Isi formulir

Ketika Anda pergi ke pegadaian, Anda biasanya akan disajikan dengan formulir pengajuan. Isi formulir khusus yang disiapkan oleh perusahaan gadai. Isi dengan benar, lengkap dan lampirkan dokumen persyaratan. Ini adalah permintaan paling umum yang biasanya harus dilakukan.

  1. Pemberian pinjaman

Setelah melengkapi semua kelengkapan dokumen yang dibutuhkan, pegadaian kemudian akan memberikan bukti pinjaman dengan jumlah pinjaman berdasarkan perkiraan harga laptop. Dokumen pinjaman ini harus dijaga sebaik mungkin dan tidak hilang. Memang, ketika Anda ingin menebus barang, Anda harus memberikan bukti pinjaman.

Setelah menerima sejumlah uang dan dokumen pinjaman, jangan lupa untuk membawa identitas Anda (KTP atau SIM asli). Pegadaian sering dipilih sebagai tempat untuk mendapatkan pinjaman karena kesederhanaan dan keamanan barang.

Peminjaman nominal juga tidak semaunya, tetapi harus berdasarkan nilai harta yang digadaikan agar tidak merugikan salah satu pihak. Jadi, jika bertanya apakah bisa gadai laptop tanpa kwitansi di pegadaian? Jawabannya bisa namun dengan nilai pinjaman yang lebih rendah dan hanya di beberapa cabang pegadaian saja.