Pengertian serta Fungsi Hukum Bisnis untuk Pemula Usaha 2024!!

Hukum bisnis merupakan sebuah aturan yang mengatur bisnis agar tetap sesuai dengan hukum dan juga adil. Hukum bisnis menjadi salah satu ilmu yang banyak dicari. Hal ini juga didukung dari banyak masyarakat yang ingin menjadi pengusaha. Lalu apa fungsi hukum bisnis ini?

Jika kamu salah satu yang ingin menjalankan bisnis. Adapun satu landasan penting yang harus dilakukan untuk menjalankan bisnis. Tentu saja kamu juga harus tahu tentang hukum bisnis terlebih dahulu. Lantas apa pengertian dari hukum bisnis ini?

Pengertian Hukum Bisnis Menurut para Ahli

Fungsi Hukum Bisnis

  • Abdul R Saliman, SH, MM, dkk.

Business Law/Bestuur Rechts atau hukum bisnis adalah keseluruhan dari aturan-aturan hukum, baik yang tertulis ataupun tidak tertulis. Peraturan ini mengatur dalam hak dan kewajiban yang muncul dari perjanjian, ataupun dari perikatan yang terjadi dalam sebuah praktek bisnis.

  • Munir Fuady

Menurut Munir Fuady, hukum bisnis adalah suatu kaidah atau perangkat hukum, upaya penegakan yang bisa mengatur mengenai tata cara dari pelaksanaan urusan atau aktivitas dagang, keuangan ataupun industri.

Dimana hal tersebut berhubungan dengan produksi atau pertukaran jasa ataupun barang dengan menempatkan uang, yang berasal dari entrepreneur dalam risiko tertentu dan usaha tertentu dengan motif agar bisa mendapatkan keuntungan.

  • Dr. Johannes Ibrahim, SH, M.Hum.

Hukum bisnis merupakan seperangkat kaidah hukum yang ada untuk mengatur dan menyelesaikan berbagai permasalahan, yang muncul dalam kegiatan antara manusia, khususnya di bidang perdagangan.

Jadi bisa disimpulkan, bahwa hukum bisnis adalah norma yang berisikan peraturan yang mengandung perintah dan juga larangan yang harus dilakukan, atau tidak boleh dilakukan, jika dilanggar maka bisa menimbulkan masalah bagi yang melanggarnya.

Sumber Hukum Bisnis

Hukum bisnis terbagi menjadi dua sumber, yaitu sumber hukum materiil dan formil.

  • Sumber Hukum Materiil

Sumber hukum materiil merupakan sumber hukum yang dibentuk dari sumber hukum materiil sendiri. Bentuk dari hukum materiil adalah bisa tentang kondisi geografis, ekonomi, tradisi, hubungan sosial, penelitian ilmiah yang pernah dicoba, dan juga perpolitikan.

  • Sumber Hukum Formil

Sumber hukum formil adalah sumber hukum yang mendapatkan dan disebabkan dari adanya peraturan hukum formal yang sudah disepakati. Bentuk dari sumber hukum formil adalah yang terdiri dari traktat ataupun perjanjian yang sudah dilakukan oleh antar negara.

Di dalam perjanjian tersebut pun, sudah ada undang-undang, kebiasaan masyarakat. Adanya yurisprudensi, traktat yang berlaku, dan juga dari adanya doktrin.

Ruang Lingkup Hukum Bisnis

Hukum bisnis sendiri mempunyai ruang lingkup yang cukup luas dan sudah diatur dalam undang-undang. Umumnya, ruang lingkup hukum bisnis ini mencakup dalam beberapa hal, seperti:

  • Bentuk-bentuk usaha (CV,Firma, dan PT)
  • Kegiatan jual beli (termasuk dalam ekspor dan impor)
  • Penanaman modal atau investasi
  • Ketenagakerjaan
  • Pembiayaan
  • Surat berharga dan jaminan hutang
  • Hak kekayaan intelektual
  • Asuransi 
  • Dan yang lain berkaitan langsung dengan kegiatan bisnis

Fungsi Hukum Bisnis

Belum lengkap jika kamu belum mengetahui fungsi hukum bisnis. Terutama bagi kamu sebagai pebisnis pemula. Mengapa demikian? Sebab ada beberapa fungsi yang penting saat kamu mendalami ilmu hukum bisnis ini.

  • Sumber Informasi Praktis

Fungsi hukum bisnis yang pertama bagi pemula tidak hanya sekedar sebagai atusan saja. Namun sebagai sumber informasi yang bisa dimanfaatkan untuk para pelaku pengusaha, mulai dari pemula sampai yang sudah profesional sekalipun.

  • Memberitahu Hak dan Kewajiban Seorang Pebisnis

Salah satu fungsi hukum bisnis adalah bisa memberikan arahan dan juga bantuan dalam memahami hak dan kewajiban seorang pebisnis. Terutama untuk pebisnis pemula. 

Banyak diantara mereka yang tidak tahu mengenai hak mereka apa, dan juga tidak tahu apa yang seharusnya dilakukan. Sebab alasan itulah, para pebisnis pemula wajib untuk mempelajari tentang hukum bisnis saat ini juga.

  • Menciptakan Perilaku dan Sikap Adil

Banyak para pelaku bisnis yang menjalankan usahanya dengan cara yang beragam. Mulai dari cara yang curang, tapi banyak juga yang menjalankan bisnis mereka dengan sehat, adil dan juga dinamis.

Dengan adanya hukum bisnis ini adalah tidak lain untuk membantu para pelaku bisnis agar menjalankan aktivitas mereka dengan sehat dan adil. Sebab jika mereka melakukannya dengan cara yang nakal atau curang, maka akan mendapatkan sanksi dan hukuman.

Setidaknya dari 3 fungsi hukum bisnis di atas, bisa dijadikan pelajaran untuk menjalankan usaha bisnis. Lalu setiap pelaku bisnis dalam menjalankan bisnisnya tidak secara asal-asalan, namun berdasarkan pada jalur hukum yang berlaku.

Tips Menjalankan Bisnis Sesuai dengan Hukum

  • Perhatikan Badan Usaha yang Dipilih

Hal ini menjadi sangat penting bagi para pengusaha ataupun wirausaha yang akan memulai bisnisnya. Untuk bisa melakukan kegiatan operasional, maka pilihlah jenis badan usaha yang tepat. 

Kamu bisa memilih beberapa badan usaha seperti Perseroan Terbatas (PT), firma, ataupun CV yang bisa menjadi pilihan untuk memulai usaha.

  • Mengetahui Dasar Hukum dalam Perjanjian

Saat melakukan bisnis, maka mau tidak mau kamu akan berhubungan dengan partner bisnis ataupun dengan rekan bisnis lainnya. Dengan mengetahui informasi hukum mengenai perjanjian. 

Maka risiko bisnis yang sedang dijalankan menjadi berkurang dibandingkan dengan saat kamu awam terhadap informasi hukum perjanjian.

  • Konsultasi dengan Konsultan Hukum

Tips yang terakhir yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan jasa konsultasi hukum, untuk membantu mengatur segala urusan bisnis Anda terkait dengan masalah hukum. Seperti halnya dengan perjanjian bisnis, kontrak kerja karyawan sampai dengan urusan mengenai perizinan.

Itulah pengertian, sumber hukum bisnis, ruang lingkup hukum bisnis, fungsi hukum bisnis, serta tips menjalankan bisnis sesuai dengan hukum yang berlaku. Dengan memahami beberapa hal yang sudah disampaikan di atas, kamu bisa meminimalisir risiko kesalahan bisnis dengan hukum.

Leave a Comment