Kode PDAM Tangerang dan Cara Bayarnya yang Mudah

Kode PDAM Tangerang wajib untuk diketahui sebelum Anda memutuskan untuk melakukan pembayaran terutama via bank. Seperti sudah diketahui bahwa kebutuhan air bersih guna memenuhi kebutuhan sehari-hari memang menjadi hal yang sangat penting. Hal tersebut karena hampir semua kebutuhan rumah tangga sendiri ternyata membutuhkan air bersih.

Kode PDAM Tangerang dan Cara Bayarnya yang Mudah

Sekilas Tentang Kode PDAM Tangerang

Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Kerta Raharja Kabupaten Tangerang merupakan salah satu perusahaan daerah yang dimiliki oleh pemerintah dari kabupaten tersebut. Dimana mereka bergerak sebagai penyedia air bersih.

Baca : Cara Menonaktifkan Gopay Paylater dengan Mudah

Keberadaannya sendiri sudah didirikan sesuai dengan Perda No 10/HUK/1976 tanggal 13 April 1976. Itulah kenapa pada tanggal tersebut ditetapkan sebagai hari jadi PDAM Tirta Kerta Raharja ini. Hingga saat ini, PDAM TKR sudah melayani 3 daerah pelayanan kota atau kabupaten yakni Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang dan Kota Tangerang Selatan.

Dari total 145.738 sl, 54% berada di kota Tangerang, 38% ada di kabupaten Tangerang dan sisanya ada di Tangerang Selatan. Lalu yang berada di kabupaten Tangerang sendiri baru mencapai 32,40% Perlu diingat bahwa kenapa jumlah sl di kota Tangerang lebih besar karena sebelum terdapat pemekaran wilayah otonomi menjadi kota Tangerang.

Sampai disini sebagai pelanggan, Anda memang diwajibkan untuk mengetahui kode PDAM Tangerang ini. Terlebih lagi kalau Anda akan melakukan pembayaran. Adapun kode prefixnya atau kode PDAM adalah 0003. Sedangkan untuk kode PDAM kota Tangerang adalah 462.

Kebutuhan akan air memang semakin meningkat. Salah satu cara untuk memenuhinya adalah dengan berlangganan PDAM (perusahaan daerah air minum) Kabupaten Tangerang.

Jangan khawatir bagi Anda yang tinggal di Kawasan Tangerang maka diberikan kemudahan juga untuk melakukan pembayaran termasuk secara online. Dengan begitu, pelanggan tidak perlu khawatir lagi akan telat dalam melakukan pembayaran tersebut.

Kebijakan Mengenai Pelanggan PDAM Tangerang

Bagi Anda yang ingin berlangganan air PDAM Tangerang ini maka terdapat sejumlah kebijakan dimana perlu dipahami lebih lanjut terlebih dahulu. Perusahaan air minum dengan direktur H. Sumarya, ST sudah menetapkan beberapa kebijakan tersebut diantaranya adalah.

  • Pembayaran PDAM dapat dilakukan mulai tanggal 5 dengan jatuh tempo pada tanggal 25. Apabila melebihi batas jatuh tempo itulah maka akan langsung dikenakan denda. Besaran denda biasanya akan berbeda-beda untuk setiap golongannya.
  • Untuk golongan rumah tangga, sosial, kran umum, kantor pemerintah dan hidran umum maka akan dikenakan denda keterlambatan sebesar Rp5000 per bulan
  • Golongan industri dan bandara akan dikenakan biaya mencapai Rp100.000 per bulan
  • Apabila sudah telah selama 2 bulan atau tidak ingin membayar dalam kurun waktu dua bulan berturut-turut maka di periode bulan ke-3 akan disegel tanpa pemberitahuan sama sekali
  • Kebijakan untuk membuka segel itulah diwajibkan dengan membayar tunggakan, denda sekaligus biaya segel sebesar Rp25.000.
  • Sedangkan apabila tidak membayar tagihan dalam kurun waktu 3 bulan berturut-turut akan langsung diputus
  • Penyambungannya mengharuskan pelanggan untuk membayar tunggakan atau denda. Adapun biaya untuk penyambungan kembali adalah sebesar Rp1.250.000.
  • Jam operasional loket pembayaran yakni setiap hari Senin-Jumat mulai pukul 8 pagi hingga 2 sore.

Baca : 6 Cara Bayar Tagihan Akulaku dengan Mudah

Bagaimana Cara Cek Tagihan PDAM TKR

Sebagai pelanggan, Anda tentunya tidak ingin telat dalam melakukan pembayaran bukan agar tidak sampai mendapatkan denda tersebut? Oleh karena itulah, Anda perlu rajin dalam melakukan pengecekan jumlah tagihan di bulan berikutnya.

Jangan khawatir karena proses pengecekan tersebut sudah dapat dilakukan dengan mudah bahkan secara online. Yakni langsung melalui aplikasi cek PDAM TKR Tangerang tersebut. Berikut ini beberapa langkah yang bisa Anda gunakan:

Download Aplikasi PDAM

Langkah pertama yakni Anda dapat mengunduh aplikasi PDAM terlebih dahulu. Aplikasi tersebut dapat diunduh secara gratis melalui Play Store ataupun App store. Untuk instalnya sendiri seperti biasanya sehingga secara otomatis akan langsung terinstal di ponsel.

Masuk ke Aplikasi

Kalau sudah berhasil terunduh, silahkan buka aplikasi dan pada halaman utama akan terdapat beberapa pilihan menu seperti informasi tagihan pelanggan, berita, status pendaftaran, form pengaduan serta lokasi loket pembayaran.

Tab Pada Informasi Tagihan

Untuk mengecek tagihan PDAM maka silahkan pilih menu informasi Tagihan. Input ID pelanggan dan tekan cek tagihan. Maka akan langsung muncul informasi mengenai data tagihan terakhir sekaligus jumlah tunggakan apabila ada.

Detail Informasi

Terdapat beberapa tampilan yang akan ditampilkan nantinya seperti Kode PDAM, Nama PDAM, ID Pelanggan, Nama pelanggan, alamat, Periode Tagihan, Amount, Denda dan Total Tagihan. Jadi Anda bisa langsung mempelajari dengan baik informasi yang ada didalamnya.

Cara Bayar Tagihan

Jangan khawatir bagi pelanggan yang akan melakukan pembayaran tagihan, Anda tidak hanya mudah dalam melakukan pengecekan tetapi juga pembayaran. Adapun metode pertama dimana dapat digunakan adalah melalui Tokopedia.

Baca : Jam Operasional Kantor Pos Indonesia

Siapa tidak tahu Tokopedia? Ya, ini merupakan salah satu marketplace besar di Indonesia dimana menyediakan berbagai kebutuhan untuk para penggunanya. Disinilah, Anda tidak hanya dapat melakukan jual beli online saja tetapi juga dapat melakukan pembayaran berbagai tagihan termasuk PDAM.

Tenang saja untuk melakukan pembayaran PDAM Tangerang melalui Tokopedia ternyata juga sangat mudah dan efektif loh. Namun apabila Anda masih bingung dalam melakukannya maka langsung cek penjelasannya dibawah ini:

  • Silahkan buka Tokopedia melalui aplikasi ataupun browser
  • Login menggunakan akun kalian
  • Tab pada pilihan menu Top-UP dan Tagihan
  • Nantinya terdapat beberapa pilihan menu yang ditampilkan, Anda dapat klik pada Air PDAM untuk memilih wilayah dari pembayaran
  • Pillihlah wilayah sesuai dengan alamat
  • Input nomor pelanggan yang benar dan klik beli. Apabila ada promo, jangan sampai lewatkan promo itu untuk menghemat biaya
  • Pilihlah metode pembayaran dan klik bayar.

Selain melakukan pembayaran melalui Tokopedia, Pelanggan juga dapat melakukan pembayaran di E-commerce lainnya. Tenang saja, karena metode pembayarannya sendiri hampir sama sehingga dijamin tidak aka nada kendala dalam melakukannya.

Bayar PDAM Via Bank

Bukan hanya melalui aplikasi e-commerce saja, namun PDAM Tirta Kerta Raharja inilah juga sudah bekerja sama dengan beberapa instansi perbankan diantaranya adalah BRI, Mandiri, BJB dan OCB NISB. Untuk transaksinya sendiri dapat dilakukan seperti biasanya yakni anda dapat datang ke ATM terdekat dahulu. Untuk lebih jelasnya berikut tata caranya:

  • Silahkan datang ke atm terdekat seperti Mandiri
  • Masukkan kartu ATM pada tempat dan input PIN
  • Pilih menu bayar/beli
  • Tab pada PAM dan masukkan kode tempat tinggal
  • Carilah sesuai dengan PAM dimana Anda tinggal dan masukkan nomor pelanggan
  • Tab benar dan klik ya pada halaman konfirmasi
  • Tunggu hingga proses pembayarannya selesai.

Selain melakukan pembayaran melalui Bank, Anda juga dapat melakukan pembayaran secara tunai di beberapa loket pembayaran yang sudah ditentukan dan bekerja sama. Beberapa loket tersebut diantaranya adalah kantor pos dan minimarket seperti alfamart, Lawson hingga Indomart.

Berlangganan PDAM memang menjadi salah satu cara yang dilakukan oleh sebagian besar masyarakat di Tangerang. Namun sebelum melakukan pembayaran, pastikan mengetahui kode PDAM Tangerang terlebih dahulu.

Leave a Comment