2 Cara Cetak Struk Linkaja dengan Mudah

Struk transaksi merupakan salah satu dokumen penting, sebagai bukti bahwa seseorang sudah melakukan pembayaran belanja, tagihan atau lainnya. Sebagai salah satu e-wallet yang menyediakan berbagai layanan, tentu ketika Anda punya akunnya maka perlu tahu bagaimana cara cetak struk Linkaja supaya bisa didokumentasikan.

2 Cara Cetak Struk Linkaja dengan Mudah

Syarat Cetak Struk Linkaja

Sebelum bisa mencetak bukti belanja atau bayar tagihan dari aplikasi Linkaja, Anda perlu mempersiapkan beberapa syarat utamanya. Supaya proses mencetak jadi tidak bermasalah dan hasilnya juga lebih cepat dan memuaskan.

Ada Printer Untuk Mencetak

Syarat utama yang harus ada untuk mencetak struk transaksi Linkaja yaitu printer untuk mencetak. Untuk mencetak menggunakan komputer, Anda hanya membutuhkan printer biasa yang memang sudah biasa dipakai untuk mencetak dokumen.

Tidak ada aturan khusus spesifikasi printernya, yang pasti bisa dipakai untuk mencetak dengan kertas A4. Nantinya, jika hasil print cukup kecil maka tinggal dipotong sesuai ukuran yang diinginkan.

Kalau Anda mau mencetak untuk kebutuhan bisnis, maka perlu printer khusus seperti thermal bluetooth agar hasilnya lebih memuaskan.

Ada Kertas Dengan Ukuran Tepat

Tersedia kertas untuk mencetak, bisa kertas A4 putih biasa kalau Anda ingin ngeprint menggunakan printer biasa. Berbeda jika menggunakan printer thermal bluetooth, dimana dibutuhkan kertas khusus dengan ukuran 58 mm.

Nantinya kertas ini akan berbentuk roll dan dimasukkan ke dalam printer, lalu siap mencetak struk dengan kualitas sama dengan hasil transaksi di pusat perbelanjaan dan lainnya.

Ada Aplikasi RawBT

Bagi yang mau mencetak pakai printer khusus seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, maka akan dibutuhkan aplikasi penunjang. Fungsinya mendeteksi dokumen struk transaksi, kemudian menghubungkannya dengan perangkat printer dengan proses koneksi bluetooth.

Aplikasi ini bisa diunduh melalui platform resmi seperti Google Play Store untuk pengguna perangkat Android, bisa juga pakai App Store untuk yang pakai iPhone atau iPad.

Koneksi Internet

Koneksi internet akan sangat dibutuhkan, jika Anda ingin menerapkan cara cetak struk Linkaja. Apalagi kalau menggunakan aplikasi melalui HP atau komputer. Jika memungkinkan, gunakan koneksi Wifi untuk memastikan proses transfer dokumen berjalan lancar.

Cara Cetak Struk Linkaja

Setelah memenuhi beberapa persyaratan di atas, saatnya untuk melakukan pencetakan bukti transaksi melalui akun Linkaja milik Anda. Ini sangat penting untuk menghindari struk link palsu yang banyak beredar. Beberapa langkah mudah dapat dilakukan, yaitu:

Pakai Printer Biasa

Kalau Anda menggunakan printer biasa untuk mencetak struk transaksi dari Linkaja. Maka langkah yang perlu dilakukan adalah:

  1. Setiap selesai transaksi, segera screenshot halaman transaksi yang sudah selesai. Cara screenshot disesuaikan dengan jenis HP Anda.

Untuk pengguna HP Samsung bisa menggunakan tombol power dan Volume + bersamaan, sedangkan HP Xiaomi dengan ketuk layar dengan tiga jari. Secara otomatis, hasilnya akan tersimpan pada galeri ponsel Anda.

  1. Aktifkan komputer Anda, lalu pindahkan hasil screenshot menggunakan port USB dari HP ke komputer agar proses pencetakan dokumen struk lebih mudah.
  2. Jika sudah, maka Anda buka program Microsoft Word dan pilih halaman baru
  3. Pilih menu insert lalu lanjutkan dengan memilih opsi picture
  4. Pilih foto hasil screenshot transaksi yang sudah tersimpan di komputer, sesuaikan ukuran dengan yang diinginkan
  5. Tekan tombol CTRL dan huruf P bersamaan untuk mencetak, klik print dan tunggu hasil print transaksi keluar dari mesin printer.

Pakai Printer Thermal Bluetooth

Beda lagi dengan mencetak pakai printer thermal bluetooth, dimana hal yang perlu diperhatikan adalah koneksi bluetooth dari HP dan perangkat pencetak dokumen.

  1. Aktifkan bluetooth di HP dan printer Anda
  2. Pada ponsel, buka aplikasi RawBT yang sudah di unduh dan instal sebelumnya
  3. Klik pada menu settings dan pilih nama printer yang akan dipakai untuk mencetak struk transaksi
  4. Jika sudah terkoneksi, pilih opsi “test” untuk memastikan bahwa koneksi sudah berlangsung dan printer bisa menerima perintah pencetakan dokumen dari RawBT.
  5. Jika hasil test berhasil, Anda akan menerima notifikasi “it is work” artinya koneksi sudah bagus. Tinggal lanjutkan dengan mencetak struk yang sudah disimpan pada riwayat penyimpanan akun Linkaja.

Fungsi Struk Linkaja

Bagi sebagian orang, struk belanja atau transaksi memang dibuang saja ke tong sampah karena dirasa tidak penting. Padahal banyak fungsi dari struk tersebut, diantaranya menjadi bukti otentik bahwa Anda sudah melakukan sebuah transaksi seandainya ada pihak yang mempertanyakan hal tersebut.

Fungsi kedua adalah sebagai dokumentasi pribadi, ketika akan melakukan rekap pengeluaran. Dimana struk tersebut menjadi bukti bahwa Anda sudah membeli sejumlah barang atau membayar tagihan bulanan yang memang sudah menjadi kewajiban.

Baca juga : 5 Cara Cek Angsuran Mandiri Utama Finance

Ternyata tidak sulit untuk menggunakan cara cetak struk Linkaja. Asalkan semua syarat dipenuhi, maka hanya butuh waktu beberapa menit saja untuk mendapatkan hard copy bukti transaksi yang Anda perlukan.

Leave a Comment