Syarat Pinjaman BPR dan Keuntungannya

Ketika Anda mempunyai kebutuhan mendesak tetapi dana terbatas maka salah satu cara yang dapat digunakan adalah memilih pinjaman BPR. Kehadiran dari pinjaman satu inipun ternyata sudah tidak asing bagi sebagian besar masyarakat Indonesia.

pinjaman BPR

Sekilas Tentang Bank BPR

Sebelum Anda memutuskan buat mendapatkan pinjaman di BPR, maka harus mengetahui sekilas tentang bank satu ini. Terlebih lagi kehadirannya menyediakan berbagai pilihan produk perbankan yang akan berikan keuntungan kepada masyarakat.

Berdasarkan dengan definisinya, BPR atau Bank Perkreditan Rakyat adalah lembaga keuangan bank dimana menerima simpanan hanya dalam bentuk deposito berjangka, tabungan menyalurkan dana sebagai usaha BPR.

Adapun kehadirannya sendiri ternyata sudah diatur didalam UU perbankan nomor 7 tahun 1992 karena telah memenuhi syarat tata cara dimana ditetapkan dengan menggunakan peraturan dari pemerintah.

Disamping itu, tujuan dari BPR sendiri adalah membantu permodalan atau menyalurkan dana bagi usaha mikro dan kecil menengah. Kehadirannya dapat diberikan pada lembaga dengan lokasi yang dekat dengan masyarakat kecil yang membutuhkan modal.

Dengan semakin meningkatkan kebutuhan masyarakat itulah membuat kehadiran dari lembaga keuangan selalu dicari-cari masyarakat. Apabila Anda bingung akan mendapatkan pendanaan darimana maka BPR ini dapat menjadi pilihan terbaik.

Syarat Pinjaman BPR

Bagi Anda yang mempunyai usaha mikro dan kecil menengah serta membutuhkan pendanaan, maka pinjaman BPR inilah bisa menjadi pilihan terlebih dahulu. Perlu diingat apabila ingin mengajukannya, maka calon nasabah harus mempunyai status profesi seperti wirausahawan, karyawan serta professional.

Disamping itu juga terdapat beberapa syarat yang perlu diperhatikan. Adapun syarat untuk ketiga profesi diatas sebenarnya sedikit berbeda. Namun secara umum, berikut ini sejumlah syarat dimana wajib disiapkan oleh calon nasabah.

  • Fotokopi KTP
  • Fotokopi akta nikah bagi nasabah yang sudah menikah
  • Fotokopi Kartu Keluarga
  • Fotokopi Slip gaji
  • Fotokopi buku tabungan atau rekening koran
  • Fotokopi rekening listrik atau air
  • Surat berharga dari barang yang menjadi jaminan.

Jika diatas adalah syarat untuk perorangan, BPR juga ada tawaran untuk pinjaman bagi pengusaha. Adapun beberapa syarat dimana harus dipenuhi diantaranya adalah:

  • Fotokopi identitas diri dari pengurus perusahaan
  • Fotokopi surat izin usaha perdagangan
  • Fotokopi nomor pokok wajib pajak
  • Fotokopi tanda perusahaan telah terdaftar
  • Fotokopi akta pendirian dan anggaran dasar perusahaan serta perubahan dari notaris
  • Fotokopi buku tabungan atau rekening koran dari perusahaan dalam jangka waktu bulan terakhir
  • Data keuangan perusahaan

Produk Layanan Di BPR

Walaupun produk yang ditawarkan oleh BPR sendiri tidak sebanyak dengan Lembaga keuangan besar lainnya seperti bank, tetapi juga keberadaannya lebih unggul dari segi lokasi. Mengingat kehadirannya selalu dekat dengan masyarakat sekaligus mempunyai prosedur pinjaman BPR yang lebih mudah.

Di samping itu, BPR inipun juga mempunyai beberapa produk unggulannya dimana dapat disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat diantara lain adalah

Tabungan

Produk pertama adalah tabungan dimana tidak akan memberikan beban kepada konsumen dengan adanya biaya administrasi ketika pembukaan maupun penutupan rekening. Adapun besaran biaya yang dikeluarkan di awal sangat terjangkau yakni mulai dari 10 ribu hingga 100 ribu.

Bukan hanya itu saja, nilai bunga yang ditawarkan juga lebih besar dibandingkan dengan bank umum yakni sebesar 3,5%. Bunga tabungan tersebut juga sudah mendapatkan jaminan dari Lembaga penjamin simpanan dan cukup beragam.

Deposito

Di samping produk tabungan, juga terdapat produk deposito juga. Adapun kehadirannya tidak jauh berbeda dengan deposito di bank umum. Rata-rata bunga deposito dari BPR berada di angka 6% per tahun dengan skema pilihan 1, 6, hingga 12 bulan.

Kredit

Kehadiran dari produk satu inilah menjadi unggulan tersendiri dari bank satu ini. Dimana sangat dibutuhkan untuk kebutuhan kredit usaha mikro, kecil sekaligus menengah. Produk kreditnya sendiri juga sangat beragam dan tergantung dari inovasi masing-masing bank.

Keuntungan Melakukan Pinjaman BPR

Kehadiran dari pinjaman BPR inipun semakin banyak diminati oleh masyarakat bukan tanpa alasan. Sebab didalamnya mempunyai segudang keuntungan buat para nasabahnya diantaranya adalah sebagai berikut

Syaratnya Yang Mudah

Seperti sudah dijelaskan diatas, syarat untuk melakukan pinjaman di bank BPR sendiri ternyata sangat mudah. Inilah yang menjadi alasan mengapa banyak orang tertarik buat mendapatkan pendanaan dari Lembaga keuangan satu ini.

Tidak Membutuhkan Aset Berharga Untuk Jaminan

Bagi Anda yang ingin melakukan kredit tetapi tidak mempunyai asset berharga likuid seperti kendaraan bermotor ataupun rumah, maka jangan khawatir. Sebab ternyata BPR ini akan memberikan kemudahan bagi Anda agar memperoleh pinjaman.

Pencairan Dana Yang Cepat

Dengan meminjam dana disini, Anda juga berkesempatan mendapatkan proses pencairan dana yang cepat sekaligus mudah. Bahkan prosesnya hanya memakan waktu 2 sampai 3 hari kerja saja.

Baca Juga : 5 Cara Cek Angsuran Mandiri Utama Finance

Kebutuhan yang semakin meningkat memang membuat seseorang harus memutar otak agar bisa mendapatkan uang. Salah satu caranya adalah dengan melakukan pinjaman BPR dengan berbagai keunggulannya.

Leave a Comment