Mau Aman Mencoba Gadai BPKB Malang? Ini Tipsnya

Ketika membutuhkan uang namun ternyata dana di kantong terbatas, berbagai cara bisa dilakukan. Salah satunya adalah gadai BPKB Malang bagi Anda yang berdomisili di kota tersebut, atau gadai BPKB di daerah lain.

Kenapa Orang Mau Menggadaikan BPKB Kendaraan?

Tidak selamanya proses dan perusahaan yang menyediakan jasa pinjam uang dengan jaminan BPKB memberikan pelayanan yang bagus dan jumlah pinjaman sesuai harapan. Biar aman, Anda perlu melakukan beberapa tips berikut.

Beda orang akan beda pula alasannya menggadaikan BPKB kendaraan, namun secara umum beberapa alasan berikut ini paling adalah:

Prosesnya Cepat

Selama semua persyaratan yang dimiliki sudah cukup, maka untuk mencairkan pinjaman melalui proses gadai BPKB di Malang sangat cepat bahkan hanya dalam hitungan jam saja.

Jika ingin cepat, pastikan untuk memenuhi syarat yang diminta oleh penyedia pinjaman dengan jaminan gadai BPKB tersebut. Biasanya dibutuhkan kartu identitas, kartu keluarga, BPKB kendaraan yang ingin digadaikan, kemudian STNK dari kendaraan tersebut.

Setelah lengkap, tim dari perusahaan penyedia pinjaman akan melakukan verifikasi data termasuk mengecek kebenaran data BPKB. Waktu yang dibutuhkan untuk verifikasi, tergantung antrian pemohon. Jika tidak antri pasti akan lebih cepat maksimal satu jam saja.

Kendaraan Tetap Bisa Digunakan

Meskipun BPKB kendaraan sudah digadaikan, namun Anda masih bisa menggunakan kendaraannya sebagai alat transportasi. Beda dengan menjual kendaraan karena butuh uang, tentu Anda tak bisa memakai kendaraan tersebut setelah laku terjual.

Oleh karena itulah orang lebih sering memilih jalur gadai BPKB, dimana aktivitas mereka dengan kendaraan yang sudah ada tetap bisa berjalan normal dan pinjaman tetap bisa didapatkan.

Banyak Perusahaan yang Bisa Dipilih

Saat ini, semakin banyak perusahaan menyediakan sistem gadai. Misalnya jika Anda ada di Malang, tinggal pilih perusahaan gadai BPKB Malang supaya proses lebih cepat dan tidak merepotkan jika harus pergi ke daerah lain.

Perusahaan tersebut, biasanya juga sudah punya banyak cabang di seluruh Indonesia. Tidak punya track record buruk di mata lembaga keuangan resmi Indonesia.

Bisa Digadai Sesuai Kebutuhan

Kalau butuh uang belasan juta, menggadaikan motor dengan jaminan BPKB adalah pilihan. Anda akan mendapatkan dan segar dengan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan, tak perlu menggadaikan mobil yang tentunya akan lebih besar pinjaman bisa didapat.

Tips Aman Gadai BPKB Motor Malang dan Daerah Lain

Setelah memantapkan hati untuk menggadaikan BPKB, saatnya untuk melakukan tips agar bisa aman selama proses gadai BPKB tanpa survey di Malang atau daerah lain sampai tenor pembayaran cicilan pinjaman selesai.

Pastikan Tujuan Meminjam

Anda harus tahu terlebih dahulu, apa tujuan dari meminjam yang dengan proses gadai dokumen kendaraan. Misalnya, untuk biaya kuliah anak atau dijadikan modal usaha.

Dengan begitu, bisa diketahui berapa jumlah pinjaman yang dibutuhkan saat ini. Alhasil, Anda juga akan tahu apakah memang perlu menggadaikan kendaraan atau tidak.

Pastikan Sumber Dana Pembayaran Cicilan Sudah Jelas

Setelah tahu apa tujuannya, pastikan juga bagaimana cara membayar cicilan sampai tenor gadai selesai nanti. Misalnya, ketika meminjam untuk biaya kuliah dan Anda adalah seorang pegawai swasta. Tentu harus menyisihkan penghasilan bulanan untuk membayar cicilan.

Perhitungkan, apakah dengan menyisihkan uang bulanan tersebut dana yang tersisa masih dapat memenuhi semua kebutuhan untuk satu bulan.

Pilih Perusahaan Legal

Saat ini banyak perusahaan yang mengklaim diri dapat memberikan pinjaman dengan jaminan surat berharga kendaraan. Namun akan lebih baik, jika memilih perusahaan yang sudah jelas sepak terjangnya dan dinyatakan legal oleh pemerintah.

Misalnya, saat Anda mau gadai BPKB Malang maka sebaiknya cari perusahaan penyedia pinjaman yang sudah teregistrasi di dinas terkait dan memiliki latar belakang bagus dalam hal pinjam meminjam dana pakai jaminan.

Penuhi Semua Persyaratan Gadai yang Dibutuhkan

Setelah itu, lanjutkan dengan mengetahui apa saja syarat yang dibutuhkan untuk menggadaikan surat motor atau mobil Anda. Pastikan untuk memenuhi semua persyaratan tersebut, jika memang ingin pengajuan pinjaman disetujui oleh perusahaan penyedia dana.

Cari informasi selengkap-lengkapnya melalui berbagai cara. Misalnya datang langsung ke kantor perusahaan tersebut, mencari informasi melalui internet atau referensi dari orang lain yang pernah menggadaikan BPKB di perusahaan tersebut.

Pilih Produk Pinjaman Sesuai Kebutuhan

Perusahaan yang menyediakan jasa peminjaman uang, akan memiliki banyak produk jasa untuk Anda pilih. Pastikan untuk memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan, bukan keinginan Anda.

Supaya dana yang dicairkan nantinya, benar-benar bisa dimanfaatkan dengan baik. Tidak berlebih atau kurang. Begitu juga dengan proses pembayaran dan lainnya.

Baca Juga : 5 Cara Cek Angsuran Mandiri Utama Finance

Pastikan Membaca Ketentuan Gadai

Jangan langsung tanda tangan surat persetujuan gadai, pastikan untuk membaca semua item persetujuan tersebut. Jangan segan bertanya, jika ada bagian yang tidak dipahami atau rancu dan bisa merugikan Anda di kemudian hari.

Mau mencoba opsi gadai BPKB Malang? lakukan tips yang benar, supaya Anda bisa mendapatkan perusahaan berkualitas, yang menyediakan dana tepat dan prosesnya juga tidak ribet.

Leave a Comment