Sama dengan di bank lain, cara cek saldo BNI juga bisa dilakukan dengan mudah via e-channel dan ATM. Anda bisa memakai HP atau meluangkan waktu datang ke ATM terdekat.

Sebagai salah satu BUMN di Indonesia, Bank Negara Indonesia memang selalu ingin memberikan yang terbaik buat nasabahnya. Salah satunya adalah lewat kemudahan dalam mengecek saldo rekening.

Informasi jumlah saldo tabungan sangat diperlukan manakala ingin mentransfer uang ke rekening lain atau sebagai syarat saat hendak memblokir ATM yang hilang.

Lebih dari itu, secara umum nasabah hendaknya harus mengetahui jumlah saldonya sendiri agar dapat mengelola keuangan dengan lebih baik.

Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas tentang tutorial dan panduan pengecekan saldo BNI menggunakan fasilitas yang tersedia, di antaranya adalah teller, ATM, internet banking, SMS banking, dan mobile banking.

Cara cek saldo BNI di ATM

Mayoritas nasabah umumnya memilih cek saldo BNI via ATM. Hal ini karena opsi ini sangat mudah dilakukan dan terbilang simpel.

 Cara cek saldo BNI di ATM

Anda tidak perlu melakukan registrasi dan aktivasi untuk memanfaatkan fasilitasnya karena memang melekat di kartu debit pada saat pertama kali membuka rekening.

Jadi, siapapun nasabah BNI yang memiliki kartu ATM pasti bisa mengecek saldo di mesinnya.

Berikut ini adalah tutorial mengecek saldo BNI melalui ATM yang sangat mudah:

  1. Datang ke gerai ATM BNI.
  2. Masukkan kartu dan PIN ATM dengan benar.
  3. Klik Menu Lain.
  4. Pilih menu Informasi Saldo yang tertera di layar ATM.
  5. Layar akan menunjukkan jumlah sisa tabungan yang ada di rekening.

Perlu diketahui bahwa ada beberapa jenis mesin ATM, di antaranya adalah:

  1. Mesin ATM tunai yang bisa dipakai untuk penarikan uang tunai, transfer, bayar, dll.
  2. Mesin ATM non tunai fungsinya lebih ke transaksi perbankan, kecuali untuk penarikan uang secara tunai.
  3. Mesin ATM setoran tunai sesuai dengan namanya berfungsi untuk menyetor uang. Di ATM inilah biasanya cara setor tunai di ATM BNI Selain bisa dipakai untuk menyetor uang, mesin ini juga tetap bisa dipakai untuk transaksi keuangan seperti transfer, bayar, dll.
  4. ATM setor tarik tunai memiliki fungsi yang all in one. Seluruh transaksi di 3 mesin di atas bisa dilakukan di sini. Tapi jumlahnya memang paling sedikit di banding yang lainnya. Jadi, tidak di sembarang tempat ada.

Untuk melakukan cara cek saldo BNI, Anda bisa menggunakan keempat mesin di atas.

Cek saldo via teller bank

Anda juga bisa mengecek sisa tabungan melalui teller. Silakan datang ke kantor cabang bank BNI terdekat lalu ambil antrean. Jangan lupa bawa buku tabungan dan kartu identitas.

Bila sudah tiba giliran untuk maju, silakan maju ke teller seperti biasa. Teller akan mencetak buku tabungan seperti biasa dan di situ tertera jumlah saldo yang ada di tabungan Anda.

Cek saldo BNI lewat HP: SMS banking

Cek saldo BNI lewat HP SMS banking

Anda bisa memanfaatkan HP untuk mengecek saldo, yakni dengan memanfaatkan fitur SMS banking. Fitur ini hanya bisa dimanfaatkan bila Anda sudah mendaftarkan nomor HP aktif ke BNI. Jika sudah registrasi dan aktivasi, maka ada tiga pilihan cara yang bisa dilakukan:

Cara cek saldo BNI lewat *141#

Opsi pertama adalah dengan menghubungi nomor *141#, lalu klik telepon/dial. Untuk akses ke BNI, ketik 2. Selanjutnya ketik 1 untuk mengakses Inquiry. Terakhir ketik 1 lagi untuk melihat saldo.

Terakhir, informasi saldo akan muncul selayaknya pesan biasa.

Cara SMS banking BNI terbaru untuk mengecek saldo

Selain lewat *141#, Anda juga bisa memanfaatkan aplikasi BNI SMS banking yang ada di Play Store dan App Store. Silakan unduh dulu aplikasinya dan pakai menunya untuk melakukan pengecekan saldo.

Melalui format SMS

Terakhir, Anda bisa melakukan pengecekan dengan mengirimkan SMS berformat ke nomor 3346. Ada banyak sekali format SMS-nya. Masing-masing transaksi memiliki format yang berbeda. Khusus untuk pengecekan saldo, gunakanlah format berikut:

Ketik SAL lalu dikirim ke 3346.

Tunggu pesan singkat balasan dari 3346 yang menginformasikan mengenai jumlah sisa tabungan Anda.

Cara cek saldo ATM lewat HP di Mobile banking

Selain SMS banking, BNI juga menghadirkan mobile banking sebagai salah satu kemudahan bertransaksi melalui HP. Baik android maupun iPhone.

Cara cek saldo ATM lewat HP di Mobile banking

Untuk memanfaatkan fasilitas ini, Anda perlu mendaftar dengan mengunjungi kantor cabang BNI terdekat. Tapi Anda juga bisa melakukannya sendiri asalkan sudah mengunduh atau menginstal aplikasinya lewat Play Store atau App Store.

Berikut ini cara registrasi dan aktivasinya:

  1. Unduh aplikasi di Google Play Store App Store.
  2. Buka aplikasi yang sudah terpasang.
  3. Pilih Registrasi.
  4. Klik Ya, Saya Setuju.
  5. Isi semua kolom yang tersedia dengan data yang benar seperti nomor rekening, PIN ATM, email, tanggal lahir, dll.
  6. Jangan lupa untuk buat User ID (kombinasi huruf dan angka), lalu klik Daftar.
  7. Anda akan mendapatkan email berisi Kode Registrasi.
  8. Silakan masukkan Kode Registrasi berupa 6 digit angka ke kolom yang tersedia.
  9. Jika berhasil maka akan muncul ikon centang hijau dengan tulisan, “Selamat User ID Anda telah teregistrasi”. Selanjutnya Anda harus Aktivasi.
  10. Klik Masuk.
  11. Masukkan User ID yang sudah dibuat pada saat proses pendaftaran.
  12. Masukkan nomor kartu debit dan pilih negara tempat tinggal Anda.
  13. Anda akan mendapatkan SMS berisi kode aktivasi sebanyak 6 digit ke nomor HP yang terdaftar di BNI. Pastikan pulsa Anda mencukupi, minimal Rp 10.000,-.
  14. Masukkan kode OTP ke kolom yang tersedia.
  15. Buatlah MPIN, konfirmasi MPIN, kemudian buat password transaksi (huruf dan angka 8-12 karakter).
  16. Klik Simpan.
  17. Layar HP akan memperlihatkan gambar centang dan informasi bahwa aktivasi berhasil.

Setelah selesai mengaktivasi, silakan gunakan BNI mobile banking Anda dengan cara ini untuk mengecek saldo:

  1. Buka aplikasi BNI mobile banking.
  2. Log in dengan memasukkan User ID dan MPIN.
  3. Info saldo akan terlihat jelas di layar HP Anda.

Selain bisa dipakai untuk mengecek saldo, salah satu fasilitas e-channel BNI ini juga bisa dipakai untuk transfer, pembayaran, pembelian, dll.

Cek info saldo BNI via internet banking

Informasi saldo juga bisa didapatkan melalui internet banking. Anda harus mendaftar dan mengaktifkan layanan ini jika ingin menggunakannya.

Proses pendaftaran bisa dilakukan langsung di kantor cabang terdekat dengan bantuan customer service (CS). Selain itu, Anda bisa melakukan registrasi sendiri via ATM.

Jika sudah aktif, Anda bisa langsung memakainya untuk cek info saldo dengan cara di bawah ini:

  1. Buka situs internet banking
  2. Login menggunakan User ID dan PIN.
  3. Pilih menu Cek Saldo untuk menampilkan informasi saldonya.

Cara ini bisa dilakukan via HP dan PC. Berbeda dengan SMS dan mobile banking yang memang didesain lebih utama untuk digunakan di HP.

Cek saldo dan mutasi rekening all in one dengan mudah

Selain cara-cara di atas, Anda juga bisa melakukan pengecekan mutasi rekening atau data transaksi rekening Anda via Mutaeasy.com.

Situs ini akan membantu menampilkan histori atau riwayat transaksi secara detail dan komprehensif. Sangat cocok buat para pebisnis karena data yang ditampilkan tak hanya untuk bank BNI, melainkan juga bank Indonesia lainnya. Misalnya bank BRI, bank BCA, bank mandiri, CIMB niaga, dll.

Mengecek mutasi dan histori transaksi di sini akan menghemat lebih banyak waktu, khususnya buat para nasabah yang memiliki arus keuangan yang padat, baik keluar maupun masuk.

Demikian informasi tentang cara cek saldo BNI dan histori rekening all in one. Silakan pilih salah satu metode yang paling pas dengan situasi, kondisi, dan lokasi Anda saat ini.