Seiring dengan meningkatnya aktivitas jual beli online di masyarakat, jasa pengiriman barang pun semakin banyak bermunculan. Hal tersebut wajar, karena jual beli online hanya bisa berjalan lancar dengan adanya jasa pengiriman barang.

Dari sekian banyak jasa pengiriman yang ada, J&T termasuk yang paling banyak digunakan. Wajar sih, karena J&T menawarkan paket pengiriman yang sangat terjangkau, dengan waktu pengiriman yang tergolong lebih cepat dibandingkan yang lainnya.

Kesuksesan J&T sebagai jasa pengiriman barang dalam waktu cepat terhitung sejak awal keberadaannya, menjadikan jasa ekspedisi yang satu ini selalu membutuhkan tambahan kurir yang bekerja pada mereka. Oleh karena itu, J&T membuka lowongan bagi siapa saja yang ingin menjadi kurir mereka.

Jika saat ini Anda masih menganggur dan lagi mencari lowongan pekerjaan, tidak ada salahnya mendaftarkan diri sebagai kurir J&T. Tapi sebelum itu, sebaiknya Anda mencari tahu terlebih dahulu berapa gaji kurir J&T

Jenis-jenis Pekerjaan Kurir J&T

Gambar Gaji Kurir J&T

Perlu diketahui bahwa kurir di J&T ada dua jenis, yaitu kurir lapangan dan kurir ekspedisi. Oleh karena itu, Anda mesti mengetahui perbedaan kedua jenis kurir tersebut dan tugas masing-masing dari keduanya. Dengan begitu, Anda melamar untuk menjadi kurir yang tepat bagi Anda.

1. Sprinter (Kurir Lapangan)

Sprinter atau kurir lapangan ditugaskan untuk melakukan pengantaran paket dari kantor atau counter J&T ke alamat tujuan paket. Waktu kerjanya adalah setiap hari, dimulai dari pukul 08.00 hingga pukul 20.00 WIB. Selama jam aktif kerja, kurir akan terus bekerja melakukan pengantaran paket.

2. Kurir Ekspedisi

Berbeda dari kurir lapangan, tugas kurir ekspedisi adalah melakukan pengantaran paket dari satu drop point ke drop point lainnya. Keberadaan kurir ini berkat kerja sama yang terjalin di antara J&T dengan beberapa perusahaan penyedia layanan transportasi. Kerjasama tersebut dijalin agar pengiriman barang bisa tepat waktu.

Oleh karena itu, jika Anda bertanya berapa gaji kurir J&T? Jawabannya tentu saja jawabannya akan berbeda di antara kedua jenis kurir tersebut, disebabkan perbedaan tugas dan tanggung jawabnya.

Tugas Kurir J&T Secara Umum

Secara umum, tugas kurir J&T bisa disimpulkan ke dalam beberapa poin berikut ini :

  • Pelayanan berupa penerimaan dan pengiriman barang oleh J&T terbuka selama 7 hari dalam sepekan libur, yaitu Senin-Minggu.
  • Layanan J&T tidak mengenal libur.
  • Layanan J&T terbuka selama 12 jam non-stop, yang dimulai dari pukul 08.00 hingga pukul 20.00.
  • Layanan pengantaran barang yang dilakukan oleh kurir dimulai dari pukul 08.00 hingga pukul 20.00.
  • Kantor cabang, agen, dan drop point dibuka sejak pukul 08.00  hingga pukul 20.00.

Berapa Gaji Kurir J&T

Berdasarkan informasi yang didapatkan dari website lifepal.co.id, besarnya gaji kurir J&T 2021 disesuaikan dengan UMR yang berlaku di daerah masing-masing. Namun, gaji kurir J&T diperkirakan bisa mencapai Rp 2.500.000 dalam sebulan.

Selain gaji tersebut, kurir juga akan mendapatkan tambahan dana untuk uang bensin sekali dalam setiap minggu. Bukan hanya ,itu, kurir J&T juga akan mendapatkan fee sebesar 1000 rupiah per paket yang berhasil diantarkan dalam kondisi utuh tanpa cacat ke alamat tujuan.

Syarat dan Cara Menjadi Kurir J&T

Berapa Gaji Kurir J&T
Sumber Gambar : Jet.co,id

Setelah mengetahui berapa gaji kurir J&T, selanjutnya yang perlu diketahui adalah syarat dan cara menjadi kurir di perusahaan tersebut. Jika Anda serius ingin melamar pekerjaan dengan menjadi kurir di sana, tentu Anda harus menyimak ulasan ini dengan seksama.

A. Syarat Menjadi Kurir J&T

Agar bisa menjadi kurir J&T, Anda harus memenuhi dan melengkapi beberapa persyaratan di bawah ini :

  • Minimal berusia 18 tahun dan maksimal 35 tahun.
  • Minimal selesai pendidikan SMA/SMK atau yang sederajat.
  • Memiliki kendaraan roda dua (motor).
  • Sehat secara jasmani maupun rohani.
  • Tidak memiliki tato.
  • Tidak menggunakan narkoba.
  • Mempunyai SIM C aktif.
  • Mempunyai STNK aktif.
  • Mempunyai NPWP aktif.
  • Mempunyai SKCK aktif.
  • Memiliki HP.
  • Memiliki sifat jujur, berkepribadian baik, serta mampu bekerja keras.
  • Menguasai rute maupun jalur alternatif daerah setempat.
  • Siap ditempatkan di manapun sesuai kebijakan kantor.
  • Mengirimkan lamaran maupun berkas-berkas pendukung lainnya seperti CV dan fotokopi ijazah.

B. Cara Menjadi Kurir J&T

Jika Anda ingin mencari informasi lowongan kurir J&T, sebaiknya Anda mengunjungi langsung situs resmi milik J&T yang beralamat di jet.co.id. Jika memang lowongan untuk menjadi kurir lagi terbuka, Anda bisa segera mendaftarkan diri.

Tapi sebelum itu, pastikan semua persyaratan yang dibutuhkan untuk mendaftar sudah terpenuhi. Jika sudah lengkap, Anda tinggal mengirimkannya ke alamat email yang tertera di website karir J&T. Saat mengirimkan email, jangan lupa untuk mencantumkan format “kota_posisi yang Anda lamar_nama” di bagian subjek email. Contohnya seperti : “Kota Makassar_Courier_Andre”.

Setelah mengirimkan lamaran, Anda tinggal menunggu pemberitahuan dari pihak J&T. Selain mengiriman lamaran melalui email, Anda juga bisa melamar langsung kurir J&T langsung ke kantor cabang terdekat.

Demikianlah informasi mengenai gaji kurir J&T dan persyaratan yang harus terpenuhi jika Anda ingin mendaftarkan diri menjadi kurir di perusahaan tersebut.