Select Page

Cara membuat kartu kredit BRI untuk mahasiswa tidak ribet dan bisa dilakukan dengan syarat yang akan dijelaskan nanti. Tidak hanya karyawan tetapi juga mahasiswa saat ini juga membutuhkan kartu kredit untuk memproses transaksi keuangan mereka sehingga lebih cepat dan mudah, dapat dilakukan kapan saja, di mana saja.

Mengenal Tentang Kartu Kredit

Bagi Anda yang menginginkan kartu kredit, simak penjelasan di bawah ini tentang cara membuat kartu kredit BRI untuk mahasiswa. Sebelum kita masuk ke pembahasan cara membuat kartu kredit BRI untuk mahasiswa, ada yang masih belum mengetahui apa itu kartu kredit dan artinya.

Kartu kredit merupakan alat pembayaran berupa kartu yang biasa digunakan dalam transaksi keuangan, biaya pembayarannya akan ditanggung oleh pihak bank. Kartu kredit berbeda dengan kartu debit yang memproses pembayaran dengan uang yang Anda miliki.

Oleh karena itu, setelah melakukan transaksi finansial dengan kartu kredit yang pada dasarnya memiliki limit tertentu, Anda harus melunasi pembayaran menggunakan kartu kredit tersebut dalam waktu yang telah disepakati.

Selain itu, ada beberapa faktor yang menghambat mahasiswa untuk mendapatkan kartu kredit, khususnya salah satu syarat dalam membuat kartu kredit adalah memiliki pendapatan bulanan yang stabil dan pekerjaan yang stabil. Meskipun beberapa mahasiswa terkadang memiliki pekerjaan sampingan yang menghasilkan uang bulanan, semua ini tidak dapat dijadikan acuan untuk membuat kartu kredit, karena biasanya formulir aplikasi kartu kredit harus memiliki kantor atau perusahaan yang jelas tempat Anda bekerja.

Penghasilan atau gaji bulanan Anda sesuai dengan standar Bank, dan status pekerjaan Anda di perusahaan tersebut minimal 1 tahun bekerja di perusahaan tersebut. Namun, Bank memiliki solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Secara umum, persyaratan untuk mengajukan kartu kredit harus berusia 21 tahun ke atas.

Selain itu, selama proses pengajuan kartu kredit, Anda perlu menyiapkan beberapa dokumen, antara lain: fotokopi KTP, fotokopi buku tabungan 3 bulan terakhir, fotokopi NPWP, fotokopi slip gaji dan sertakan surat pernyataan yang ditandatangani oleh pemberi kerja di perusahaan tempat Anda bekerja. Lalu bagaimana dengan mahasiswa yang tidak memiliki beberapa dokumen di atas?

Cara Mengajukan Kartu Kredit Tanpa Slip Gaji

  1. Menggunkaan Fasilitas Kartu Tambahan

Cara membuat kartu kredit BRI untuk mahasiswa yaitu memanfaatkan fasilitas kartu tambahan. Fasilitas kartu tambahan ini dapat Anda gunakan dengan mengajukan permohonan kartu tambahan kepada Bank.

Satu peringatan adalah bahwa orang tua atau saudara Anda harus memiliki kartu kredit, sehingga Anda akan dengan mudah diizinkan untuk membuka kartu kredit atas nama Anda. Namun, jika orang tua atau saudara Anda tidak memiliki kartu kredit, coba buat terlebih dahulu dengan melengkapi persyaratan pengajuan kartu kredit sekaligus membuat kartu tambahan.

  1. Mengajukan Pembuatan Kartu Ketika ada Promo

Mendapatkan kartu kredit saat bank sedang mengadakan promosi merupakan langkah yang tepat. Pasalnya, persyaratan yang mereka buat tidak akan berbelit-belit, cukup membawa foto KTP dan mengisi formulir pendaftaran.

  1. Memanfaatkan Fasilitas MGM

Member Get Member (MGM) adalah penghargaan atau bentuk kredit yang diberikan oleh bank kepada nasabahnya. Disinilah program MGM ditawarkan kepada nasabah dengan riwayat kartu kredit yang baik, dan pihak bank akan meminta nasabah untuk merujuk seseorang yang dianggap layak mendapatkan fasilitas kartu kredit dari pihak bank.

  1. Melakukan Lock Deposito

Lock deposito adalah proses yang dilakukan oleh bank dimana sebagian dana Anda akan dikunci dan dijadikan jaminan untuk membuat kartu kredit yang Anda buat. Anda tidak dapat menarik dana ini selama Anda menggunakan kartu kredit.

Cara Membuat Kartu Kredit BRI Di Kantor Bank BRI

Setelah cara-cara di atas bisa Anda lakukan ketika ingin mendapatkan kartu kredit, cara terakhir adalah dengan datang langsung ke cabang BRI terdekat, berikut langkah-langkahnya:

  1. Siapkan dokumen yang Anda butuhkan terlebih dahulu.
  2. Pergi ke cabang BRI terdekat dan usahakan pergi dengan orang tua atau saudara dengan kartu kredit utama.
  3. Ambil nomor antrian untuk ke customer service.
  4. Setelah nomor antrian Anda muncul, temui customer service dan sampaikan tujuan Anda datang karena ingin melakukan pengajuan kartu kredit untuk mahasiswa.
  5. Setelah itu, CS akan menanyakan dokumen apa saja yang sudah Anda siapkan dan akan memeriksa kelengkapannya.
  6. Selanjutnya CS akan menjelaskan semua syarat dan ketentuan layanan kartu kredit kepada Anda dan menanyakan apakah Anda setuju dengan semua layanan tersebut.
  7. Jika Anda setuju, Anda akan diminta untuk mengisi formulir stempel yang ditandatangani.
  8. Tunggu prosesnya sampai berhasil dan Anda akan dipersilahkan pulang.

Inilah cara membuat kartu kredit BRI untuk mahasiswa. Jadilah pengguna kartu kredit yang bijak. Batasi biaya saat menggunakan kartu kredit. Jangan sampai telat dalam melakukan pembayaran kartu kredit. Meskipun telah memiliki kartu kredit, jangan terlalu tergiur dengan promo menarik untuk menghindari kesulitan pembayaran.